Penerapan Sistem Kunjungan Pada Yayasan Solid Art Indonesia Dalam Monitoring Data Kunjungan Tamu
Keywords:
Sistem kunjungan, teknologi informasi, monitoring data, efisiensi operasionalAbstract
Perkembangan teknologi informasi mendorong organisasi untuk terus beradaptasi guna meningkatkan efisiensi operasional. Yayasan Solid Art Indonesia sebagai lembaga yang berfokus pada bidang pengembangan seni melalui pendidikan dan pengkajian, menghadapi tantangan dalam mengelola data kunjungan tamu yang masih dilakukan secara manual, sehingga menyebabkan keterlambatan pencatatan, kesalahan data, dan kurangnya efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem kunjungan berbasis teknologi informasi guna meningkatkan efektivitas pengelolaan data kunjungan. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah rekayasa perangkat lunak dengan pendekatan Model Air Terjun (Waterfall Method), yang terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mencatat data kunjungan dengan lebih efisien dibandingkan sistem manual. Antarmuka yang sederhana memudahkan pengguna dalam mengakses fitur pencatatan kunjungan, sementara fitur keamanan login memastikan perlindungan data. Selain itu, fitur laporan dan grafik kunjungan mendukung admin dalam pemantauan dan pengambilan keputusan. Kesimpulannya, penerapan sistem ini berhasil meningkatkan efisiensi pengelolaan kunjungan tamu di Yayasan Solid Art Indonesia serta memberikan kontribusi terhadap digitalisasi proses administrasi.
References
[1] Muhammad Irfan Sarif, Heri Kurniawan, dan Rizky Putro Nugroho Dwi Cahyo, “Implementasi Rancangan Pendeteksi Gempa Bumi Menggunakan Android Dan Arduino,” ZTR, vol. 5, no. 1, hlm. 77–80, Apr 2023, doi: 10.36526/ztr.v5i1.2711.
[2] Muharir Muharir, “Aplikasi Buku Tamu Dan Indeks Kepuasan Masyarakat Menggunakan Whatsapp Gateway Berbasis Web Pada Lpse Provinsi Kalimantan Selatan,” JUITIK, vol. 1, no. 3, hlm. 94–103, Nov 2021, doi: 10.55606/juitik.v1i3.426.
[3] Arip Kristiyanto, Helen Safitri, dan Imam Slamet, “Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Klinik Apollo Spesialis Jakarta,” JICOM, vol. 2, no. 1, hlm. 82–91, Jan 2024, doi: 10.32493/jicomisc.v2i1.38648.
[4] A. Kristiyanto, I. Rohmawati, and E. Fahrudin, PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Tangerang Selatan: Unpampress, 2022. Accessed: Dec. 04, 2023. [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=k2LTxX4AAAAJ&citation_for_view=k2LTxX4AAAAJ:IjCSPb-OGe4C
[5] M. Haikal dan N. Akbar, “Aplikasi Layanan Pengunjung Menggunakan Metode Waterfall,” CoSIE, hlm. 116–123, Jul 2023, doi: 10.55537/cosie.v2i3.185.
[6] R. Wijianto, S. Saefudin, dan A. D. Saputra, “Pengembangan Aplikasi Tamu Wajib Lapor Di Desa Karangsalam Baturaden Berbasis Android,” ICEJ, vol. 3, no. 1, hlm. 79–87, Jan 2023, doi: 10.31294/icej.v3i1.1783.
[7] Fauzan, A. R. Basar, M. Olva, P. Hendro Wahyudiono, N. Iksan, dan A. Yani, “Sistem Informasi Pengelolaan Pengunjung Pada Saat Pandemik Covid-19,” Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, vol. 3, no. 2, hlm. 35–47, Agu 2021, doi: 10.36079/lamintang.jetas-0302.235.
[8] A. Rohman, R. Y. Perkasa, A. S. Hidaytullah, dan G. Rohman, “Implementasi Metode Waterfall Pada Rancang Bangun Sistem Pengarsipan Surat Berbasis Web,” 2022.
[9] A. Fariza dan H. Mulyono, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Layanan Penerimaan Tamu Pada Sekretariat Daerah Kantor Gubernur Provinsi Jambi,” vol. 5, no. 4, 2020.
[10] W. M. Jannah, T. Sutabri, dan H. Yudiastuti, “Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web dengan Metode Prototype,” vol. 4, no. 1, 2023.
[11] M. Mulyadi, “Aplikasi Buku Tamu Elektronik Pada Perpustakaan STIKOM Dinamika Bangsa,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), vol. 04, no. 01, hlm. 58–66, Mei 2019, doi: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i1.5234.