Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal

Authors

  • Juhaeri Juhaeri Universitas Pamulang
  • Umi Rusilowati Universitas Pamulang
  • Hamsinah Hamsinah Universitas Pamulang
  • Masno Marjohan Universitas Pamulang
  • Ali Maddinsyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13177

Keywords:

Media Sosial, Pemasaran, Media Promosi, dan Usaha Kecil

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk memberikan pengetahuan, dan pemahaman tentang Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Selama Pandemi Covid-19 Pada Saat New Normal, sehingga mendapatkan laba yang maksimal. Memberitahukan, dan menghimbau kepada pelaku UMKM di Sai Silver, Bali  agar dapat mengoptimalkan teknologi internet dalam memasarkan produk. Metode pengabdian kepada masyarakat ini ialah seminar, dan diskusi. Peserta dalam kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini ialah pelaku UKM di Sai Silver Bali, Jl. Padma No.154, Penatih, Kec. Denpasar. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini ialah seluruh peserta memahami, dan menerapkan seluruh materi dan diskusi yang terjadi pada saat acara berlangsung sehingga tujuan bisnisnya tercapai yakni memaksimalkan keuntungan. Target luaran yang akan dicapai adalah peserta dapat memanfaatkan Media Sosial Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UKM,  media promosi bisnis, memberikan kesempatan bagi usaha kecil memasuki jaringan yang lebih luas, informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat, memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif, meningkatkan minat masyarakat terhadap produk, yang dijual atau tempat transaksi, memasuki pasar global, dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan promosi.

References

Ajimat, A., et al. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.

Fuchs, C. (2008). Internet and society, social theory in the information age. Madison Ave, NY: Roudledge.

Indrajit, Ricardus. 2001. E-Commerce Kiat dan Strategi di Dunia Maya. Jakarta: PT Elex Media Komputerindo

Iyas, Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Rumah Griya Unik Wanita, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.

Kavoura, A., & Stavrianea, A. (2014). Economic and Social Aspects from Social Media’s Implementation as a Strategic Innovative Marketing Tool in the Tourism Industry. Procedia Economics and Finance, 14(14), 303–312. http://doi.org/10.1016/S2212- 5671(14)00717-5

Laughey, D. (2007). Themes in media theory. New York: Open University Press.

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

McQuail, D. (2003). Teori komunikasi massa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nasrullah, R. (2015). Media sosial (perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Yuhefizar. 2008. “10 jam Mengenal Internet Teknologi dan Aplikasinyaâ€. Penerbit PT Elex Media Komputindo : Jakarta

Downloads

Published

2021-09-20