Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Surenggono Surenggono Universitas Wijaya Kusuma
  • Atty Erdiana Universitas Wijaya Kusuma
  • Siti Djamilah Universitas Wijaya Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13178

Keywords:

Pemasaran, Media Sosial, Penjualan, UMKM

Abstract

Pandemi covid-19  berdampak pada hampir semua sektor kehidupan, tak terkecuali aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Oleh karena  itu UMKM  perlu segera menyesuaikan  cara bisnisnya dengan menggunakan cara yang sesuai dengan situasi kondisi saat ini. Tujuan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu para pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Usaha Kecil Menengah Amangtiwi Malang menghadapi lesunya perekonomian dan diharapkan dapat menunjang manajemen pemasarannya  di era digital guna meningkatkan penjualan.

Tahapan pendampingan dimulai dari pemberian materi tentang pemasaran modern dan pengenalan beberapa aplikasi di media sosial, yang meliputi: konsep pemasaran modern (segmentasi, targeting, positioning, marketing mix); Aplikasi WhatsApp; Aplikasi Facebook; dan Aplikasi Instagram. Tahapan berikutnya para anggota UMKM yang tergabung di Asosiasi tersebut didampingi untuk membuat dan dapat mengoperasikan aplikasi guna mendukung kegiatan usaha mereka.

Perubahan cara memasarkan produk yang digunakan anggota UMKM dengan menggunakan media sosial ini memberikan  manfaat dan hasil yang lebih baik bagi anggota kelompok Asosiasi UKM Amangtiwi Malang di saat Pandemi ini maupun di masa yang akan datang yaitu berupa semakin dikenalnya produk-produk yang ditawarkan mereka dan naiknya penjualan produk tersebut, karena mereka telah memasarkan produknya secara online dan memiliki akses yang lebih  luas (tidak hanya di Kota Malang saja).

References

Ajimat, A., et al. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.

Armstrong dan Kotler, Philip, 2015. Marketing an Introducing. Twelfth edition, England: Pearson Education, Inc

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2020, Buletin APJII edisi 71 - september 2020

https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/memahami-jenis-jenis-media-sosial

Downloads

Published

2021-09-20