Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13178Keywords:
Pemasaran, Media Sosial, Penjualan, UMKMAbstract
Pandemi covid-19 berdampak pada hampir semua sektor kehidupan, tak terkecuali aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Oleh karena itu UMKM perlu segera menyesuaikan cara bisnisnya dengan menggunakan cara yang sesuai dengan situasi kondisi saat ini. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu para pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Usaha Kecil Menengah Amangtiwi Malang menghadapi lesunya perekonomian dan diharapkan dapat menunjang manajemen pemasarannya di era digital guna meningkatkan penjualan.
Tahapan pendampingan dimulai dari pemberian materi tentang pemasaran modern dan pengenalan beberapa aplikasi di media sosial, yang meliputi: konsep pemasaran modern (segmentasi, targeting, positioning, marketing mix); Aplikasi WhatsApp; Aplikasi Facebook; dan Aplikasi Instagram. Tahapan berikutnya para anggota UMKM yang tergabung di Asosiasi tersebut didampingi untuk membuat dan dapat mengoperasikan aplikasi guna mendukung kegiatan usaha mereka.
Perubahan cara memasarkan produk yang digunakan anggota UMKM dengan menggunakan media sosial ini memberikan manfaat dan hasil yang lebih baik bagi anggota kelompok Asosiasi UKM Amangtiwi Malang di saat Pandemi ini maupun di masa yang akan datang yaitu berupa semakin dikenalnya produk-produk yang ditawarkan mereka dan naiknya penjualan produk tersebut, karena mereka telah memasarkan produknya secara online dan memiliki akses yang lebih luas (tidak hanya di Kota Malang saja).
References
Ajimat, A., et al. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.
Armstrong dan Kotler, Philip, 2015. Marketing an Introducing. Twelfth edition, England: Pearson Education, Inc
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2020, Buletin APJII edisi 71 - september 2020
https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/memahami-jenis-jenis-media-sosial
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).