Penyuluhan Management Creative Dalam Mendongkrak Inovasi Dan Memajukan Usaha Pada Sai Silver Bali
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13181Keywords:
Manajemen Kreativ, InovasiAbstract
Manajemen dalam melaksanakan perannya sangat tergantung kepada seluruh manusia yang terlibat di dalamnya, khususnya bagi para manajer yang berfungsi untuk mengendalikan kreativitas dan digerakkan menuju terciptanya inovasi. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai inovasi dan kreativitas manusia dalam manajemen dalam mengambangkan usaha kerajianan perak Sai Silver di Bali. Banyak penelitian mengenai manajemen kreatif yang menjadi inspirasi para dosen dalam mengadakan PKM ini, keberhasilan inovasi sangat ditentukan oleh kreativitas manusia, bagi manusia yang tidak kreatif, maka inovasipun sulit dikembangkan, kemudian kebutuhan dan keinginan tidak mungkin dapat diwujudkan sebagaimana diharapkan sebelumnya. Untuk menemukan inovasi melalui kreativitas yang tepat dengan memberikan hasil yang memuaskan semua pihak, disinilah peranan manajemen untuk senantiasa berusaha memadukan antara kreativitas dengan inovasi terhadap suatu bidang kegiatan sehingga dapat menyumbangkan hasil yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia pada umumnya dan manusia yang terdapat dalam manajemen pada khususnya.Kegiatan ini menggunakan media kerajinan perak Sai Silver Bali sebagai media percontohan dalam menyampaikan materi, bagaimana proses penemuan ide, hingga menciptakan terobosan dalam berkarya. Kreativitas dan inovasi dalam dunia industri kerajianan perak sangat dibutuhkan apalagi ditengah konsdisi penuh persaingan. Hasil dari kegiatan ini adalah para para karyawan memiliki kepekaan dan kemampuan untuk selalu mencari terobosan-terobosan dalam bentuk desain yang diaplikasikan dalam produk kerajianan perak yang nantinya akan mereka buat.
References
Affandi, A, et al (2020). Manajemen SDM Strategik. Serang. Bintang Visitama
Ajimat, A., et al. (2020). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 69-76.
Kertamukti, Rama (2015). Strategi Kreatif dalam periklanan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Kristianti, L. S., Affandi, A., Nurjaya, N., Sunarsi, D., & Rozi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pariwisata Purwakarta. Jurnal Ilmah PERKUSI, 1(1), 101-109.
McQuail, Denis (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Jakarta: Salemba Humanika.
Nugroho, Sarwo (2015). Manajemen Warna dan Design. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sobur, Alex (2003). Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tatang (2016). Dinamika Komunikasi, Bandung: Pustaka Setia
Vera, Nawiroh (2015). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).