Penguatan Desa Wisata Sikasur Di Era New Normal

Authors

  • Wenefrida Ardhian Ayu Hardiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Semarang
  • Julian Adriani Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Semarang
  • Ray Octafian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Semarang
  • Y R Satoto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Semarang
  • Heni Krisnatalia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13182

Keywords:

Desa Wisata, CHS, New Normal

Abstract

Pandemi covid- 19 yang terjadi di awal tahun 2020 memiliki dampak yang cukup besar terutama di sektor pariwisata. Desa Wisata termasuk salah satu sektor dalam pariwisata yang terdampak pandemi covid-19. Perubahan perilaku memaksa semua lapisan masyarakat merubah tatanan hidup atau yang disebut era new normal.

Tim Pengabdian Masyarakat dari STIEPARI Semarang berupaya melakukan  pendampingan di Desa Wisata Sikasur ini. Diharapkan dari pendampingan dari tim STIEPARI Semarang dapat semakin menguatkan eksistensi dan meningkatkan kualitas Desa Wisata Sikasur di Kabupaten Pemalang, baik itu dalam mutu SDM, produk yang ditawarkan, pengaturan dan pengelolaan manajemen desa wisata termasuk di dalamnya pengelolaan homestay. Serta yang paling utama adalah bagaimana penerapan CHS  di Desa Wisata Sikasur, sehingga penerapan protokol kesehatan di era new normal ini dapat dilakukan dengan baik.

Dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan antara lain survey lokasi, Forum Grup Discussion (FGD), dan sosialisasi. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat membuat Desa Wisata Sikasur mulai beradaptasi dan berkembang di era new normal ini.

References

Almuttaqi, A. I. (2020). The Chaotic Response To Covid-19 In Indonesia. The Habibie Center Insights,1(13),1–7. http://habibiecenter.or.id/img/publication/66f28c42de71fefe1c6fcdee37a5c1a6.pdf

Bascha, U. F., Reindrawati, D. Y., Witaningrum, A. M., & Dwi Setiani Sumar. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Minat Masyarakat dalam Berwisata dan Sosialisasi Penerapan Protokol New Normal Saat Berwisata. Jurnal Abdidas, 1(3), 119–124.

Devy Dwi Fajri. (2020). Abdimas Pariwisata. 1(1), 26–32.

Djausal, G. P., Larasati, A., & Muflihah, L. (2020). Strategi Pariwisata Ekologis Dalam Tantangan Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(1), 57–61. https://doi.org/10.23960/jpb.v3i1.15

EUROPEAN COMMISSION. (2020). COVID-19: EU Guidance for the progressive resumption of tourism services and for health protocols in hospitality establishments. Eu. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

Fitriana, R., Simanjuntak, D., Dewanti, R., & Author, C. (2020). Pembekalan Materi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) dalam Training of Trainers Akademisi Pendamping Desa Wisata History Article. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 138–145. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde

kemenparekraf. (2020). Panduan Pelaksanaan dan Kelestarian Lingkungan di Penyelenggaraan Kegiatan ( Event ). 2019(September).

Kurniawati, K. R. A., Negara, H. R. P., Ahmad, Santosa, F. H., Bahri, S., & Parihin. (2020). Pendampingan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat Di Era New Normal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1262–1272.

Mohamad D. Revindo, Syahda Sabrina, M. S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pariwisata Indonesia : Tantangan , Outlook dan Respon Kebijakan. Pusat Kajian Iklim Usaha Dan GVC - LPEM FEB UI, April.

Pratiwi, R., Rama, R., Sulistiyanti, N. (2020). Building the Trust for The Tourism Destination Resiliency in New Normal Society (The Role Of Wellness Tourism System). Jurnal IKRA-ITH Humaniora , 5(1), 140–148.

Puspitasari, D., Ahimsa-Putra, H. S., & Wijono, D. (2019). Persepsi Dan Pengelolaan Homestay Di Desa Wisata Wukirsari, Bantul. Jurnal Kawistara, 9(1), 1. https://doi.org/10.22146/kawistara.37314

Rosanti, Y., Putra, M. D. T., & Irawan. (2020). Tantangan dan Strategi Customer Relationship Marketing dengan Prinsip Cleanliness , Health , and Safety ( CHS ) dalam Upaya Pemuliha Ekonomi di Kawasan Wisata Samosir sebagai pengembang citra namun mampu memasarkan produk kepada publik . Customer. 1177, 1–12.

Sanjiwani, P. K. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Citra Destinasi Wisata ( Kajian Di Kabupaten Badung ) Pemikiran Kepariwisataan i. August.

Setyaningrum, K., Octafian, R., & Maria, A. D. (2020). Penerapan Cleanliness , Health , Safety and Environment ( Chse ) Homestay Untuk Keselamatan. 1(1), 18–22.

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113

Suni, N. S. P. (2020). Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, XII(3), 14–18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-3-I-P3DI-Februari-2020-1957.pdf

Sutrisnawati, N. K., Gusti, N., Nyoman, A., & Ardiasa, I. K. (2020). Upaya Pemulihan Sektor Pariwisata Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 1(1), 39–57.

Wedatama, A. A., & Mardiansjah, F. H. (2018). Pengembangan Homestay Berbasis Masyarakat Pada Kampung Homestay Borobudur. Jurnal Pengembangan Kota, 6(2), 135. https://doi.org/10.14710/jpk.6.2.135-143.

Downloads

Published

2021-09-20