Analisis Usaha Kreatif Potensi Lokal Wonosobo Melalui Produk Coklat Sari Carica Dieng

Authors

  • Ulfi Meiyana Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah
  • Rizki Ardiawan Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah
  • Fiqoh Khoeriyah Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah
  • Ahmad Khoiri Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13184

Keywords:

Carica, Cokelat, Kewirausahaan, Potensi Lokal

Abstract

Pentingnya menggali usaha kreatif melalui COKSACAR (Coklat Sari Carica) yang dijadikan sebagai alternative solusi untuk mengatasi kejenuhan buah carica yang hanya dibuat sebagai makanan ringan seperti manisan dan kripik saja. Kegiatan Kewirausahaan dilakukan untuk: 1) Melatih kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan inovasi baru yang berbahan baku Potensi lokal buah carica melalui kajian edupreneurscience (Sains dan ekonomi); 2) Menyajikan buah carica yang berbeda dari lainnya dengan tambahan variasi rasa, sehingga dapat menghilangkan kejenuhan cemilan buah yang biasanya; dan 3)Membuka peluang usaha baru untuk memperoleh laba yang nantinya bisa membuka lapangan pekerjaan. Metode penelitian melalui tahap persiapan produksi pada alat dan bahan; proses produksi dengan mengkaji edupreneurscience; dan pemasaran melalui analisis SWOT dan Mix Marketing 4P. Berdasarkan kegiatan kewirausahaan menunjukan bahwa: 1) Produk COKSACAR memanfaatkan potensi lokal Wonosobo dalam meningkatkan nilai jual buah carica serta dapat dikaji melalui viskositas sari carica dan potensi pengembangan usaha; 2) Terciptanya kegiatan kewirausahaan Produksi COKSACAR beraneka rasa meliputi rasa original, mocca, Green tea dan vanilla dengan rasa sari carica sehingga dapat menghilangkan kejenuhan dalam mengkonsumsi buah carica pada umumnya; dan 3)Menghasilkan pendapatan, peluang usaha baru serta mengurangi jumlah pengangguran karena pengembangan usaha yang berkelanjutan.

References

Dewi, S. K. 2009. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Olahan Carica. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Bogor.

Efendi, F.Y. 2018. Analisis Kelayakan Industri Rumah Tangga Manisan Carica Di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Fitria, M., & Wisudawati, A. W. 2018. The Development of Ethnoscience-Based Chemical Enrichment Book as a Science Literacy. International Journal of Chemistry Education Research. 2(1): 50–59.

Harsi, R. 2011. Strategi Pengembangan Industri Kecil Carica Untuk Meningkatkan Pendapatan Pengrajin di Kabupaten Wonosobo Tahun 2010. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hasanah, U. 2010. Proses Produksi Manisan Carica. Tugas Akhir. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Khoiri, A., Kahar, M. S., & Indrawati, R. T. 2018. Ethnoscience Approach in Cooperative Academic Education Programs (COOP). Journal of Physics: Conference Series. 1114(1): 1-7.

Mudrikah, A. Sucihatiningsih. 2013. Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Olahan Carica Ukm Gemilang Di Kabupaten Wonosobo. Economic Education Analysis Journal. 2(1): 18–23.

Nafingah, L., Irhandayaningsih, A. 2018. Implementasi Program Perpuseru Dan Peranannya Dalam Kejajar Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Permadi, A. 2015. Strategi Pengembangan Industri Kecil Carica. Jejak: Journal of Economics and Policy. 8(1): 38-44.

Supriyo, E, Wisnu Broto, Retno Hartati. 2017. UKM Carica Dieng Perluas Pangsa Pasar Ke Eropa. Seminar Nasional 6th UNS SME’s SUMMIT & Awards 2017

Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. 3 April 2017: 282–290.

Downloads

Published

2021-09-20