Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar

Authors

  • Heri Dwi Santoso Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Diana Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Apriliana Dian Fadilla Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Faidah Fitri Utami Universitas Jenderal Soedirman
  • Fitria Pangesti Rahayu Universitas Siliwangi
  • Della Chamelia Sari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Niken Putri Sya'bani Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18220

Keywords:

Kampus Mengajar, Sekolah Dasar, Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah

Abstract

Kampus Mengajar dibuka sebagai program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus dengan konversi 20 SKS. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk berkontribusi di dalam pendidikan di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan. Metode pelaksanaan program ini antara lain meliputi asistensi mengajar, adaptasi teknologi, dan administrasi bagi guru dan siswa sekolah yang bersangkutan. Kampus mengajar Angkatan 2 di SD Negeri 1 Pandak, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan oleh enam mahasiswa dari perguruan tinggi yang berbeda dengan 1 dosen pembimbing. Hasil dari program ini meliputi peningkatan pelayanan pendidikan di sekolah tersebut baik dari segi pengajaran, pemanfaatan teknologi, dan administrasi. Dapat disimpulkan bahwa program Kampus mengajar ini memberikan manfaat yang baik bagi semua pihak yang terlibat, baik sekolah, mahasiswa, maupun dosen pembimbing.

References

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220. https://doi.org/10.47668/PKWU.V9I1.221

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Mengajar, K., Transformasi, :, Belajar, B., Dalam, S., Kebiasaan, A., Di, B., Athi’, M., Rahmah, N. A., & Triristina, N. (2021). Kampus Mengajar: Transformasi Budaya Belajar Siswa Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru Di Madura. NiCMa: National Conference Multidisplinary, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.32492/NICMA.V1I1.313

Muhamad, T., & Anugrah, F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47. https://doi.org/10.54783/JIN.V3I3.458

Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., & Akbar, I. R. (2020). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Ganesa Satria Depok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 1001-1007.

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/FITRAH.V1I1.13

Sub Pokja Kampus Mengajar. (2021). Panduan Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Downloads

Published

2022-01-28