Penerapan Pembelajaran Phonics Melalui RABS (Rhyming, Alliteration, Blending, Segmentation) Untuk Melatih Ketrampilan Pelafalan Kata Bahasa Inggris Siswa

Authors

  • S. Agus Santoso Universitas Sebelah Maret
  • Raden Agus Budiharto Universitas Madura
  • Ratna Ani Lestari Universitas Wijaya Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18221

Keywords:

Pelafalan, Pembelajaran Phonics, Identifikasi Suara

Abstract

Terampil melafalkan kata bahasa Inggris dengan baik merupakan suatu ketrampilan yang dianggap paling sulit untuk didapatkan bagi pelajar siswa SMP Qurrotul Uyun Pamekasan yang sering menggunakan bahasa Madura sebagai bahasa sehari-harinya. Apalagi mereka sangat jarang memiliki kesempatan untuk mempraktekkan pelafalan kata atau kalimat bahasa Inggris di dalam kelas maupun di luar kelas. Mengingat ketrampilan melafalkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar dan akurat sangat diperlukan bagi siswa yang sedang belajar bahasa Ingris karena dapat berpengaruh terhadap keberhasilan mereka dalam membaca (reading) dan berbicara (speaking) maka tim abdimas berinisiatif menerapkan pembelajaran phonics, yaitu proses yang menghubungkan bentuk suara yang didengarkan dengan bentuk suara yang ditulis. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini berbentuk pelatihan dan pendampingan dengan menggunakan RABS (Rhyming, Alliteration, Blending, Segmentation) yang melibatkan siswa kelas 7 SMP Qurrotul Uyun Pamekasan sebagai sasaran utamanya. Mempresentasikan materi, menjelaskan RABS, memberikan pelatihan, melakukan pendampingan dan melakukan evaluasi merupakan tahapan-tahapan metode yang digunakan dalam pengabdian ini. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yaitu dari tanggal 25, 26 sampai tanggal 27 Januari 2021 di kelas SMP Qurrotul Uyun Pamekasan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pembelajaran phonics yang diterapkan melalui tahapan rhyming, alliteration, blending dan segmentation pada siswa kelas 7 SMP Qurrotul Uyun Pamekasan yang sehari-harinya menggunakan bahasa Madura sebagai bahasa Ibu mereka tidak hanya dapat membantu menambah pengetahuan English phonology mereka tetapi juga dapat membantu meningkatkan ketrampilam mereka dalam melafalkan huruf-huruf bahasa Inggris dan kata-kata bahasa Inggris.

References

Albiladi, W. S. (2019). Teaching English pronunciation revisited: the challenges of teaching EFL in non-English-speaking countries. European Journal of Foreign Language Teaching, 4(3), 41–50. https://doi.org/10.5281/zenodo.3566658

Buckingham, J. (2019). Focus on Phonics: Why Australia should adopt the Year 1 Phonics Screening Check. The Centre for Independent Studies. Retrieved from https://www. cis. org. au ….

Gilakjani, A. P. (2016). What factors influence the English pronunciation of EFL learners? Modern Journal of Language Teaching Methods, 6(2), 315.

Grado, T. F. I. N. D. E. (2014). Grado en Educación Infantil ( Mención Inglés ) An introduction to Phonics : Pronunciation strategies in the Primary English Classroom Presentado por Elena Escolán Tutelado por : Francisco José Francisco Carrera.

Griffiths, B. (2011). Integrating pronunciation into classroom activities. British Council & BBC.

Haryadi, R. N. (2020). Pengaruh Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 14–30.

Harmer, J. (2001). The practice of English language teaching. London/New York, 401–405.

Hismanoglu, M., & Hismanoglu, S. (2011). Internet-based pronunciation teaching: An innovative route toward rehabilitating Turkish EFL learners’ articulation problems. European Journal of Educational Studies, 3(1), 23–36.

James, R. B. (2010). Teaching pronunciation gets a bad RAP: A framework for teaching pronunciation. Hankuk: University of Foreign Studies.

Shahzada, G., Khan, U. A., & Mehmud, A. (2012). Views of the teachers regarding the students’ poor pronunciation in English language. Journal of Educational and Social Research, 2(1), 309.

Taylor, J. S. H., Davis, M. H., & Rastle, K. (2017). Comparing and validating methods of reading instruction using behavioural and neural findings in an artificial orthography. Journal of Experimental Psychology: General, 146(6), 826.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Vaisman, E. E., & Kahn-Horwitz, J. (2020). English foreign language teachers’ linguistic knowledge, beliefs, and reported practices regarding reading and spelling instruction. Dyslexia, 26(3), 305–322.

Downloads

Published

2022-01-28