PKM Pendampingan Kewirausahaan UKM Kerajinan Anyaman Pandan Desa Alue Dua Muka O Menghadapi Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18224Keywords:
Kewirausahaan, Logo Usaha, Pemasaran Digital, UKM, Desa Alue Dua Muka OAbstract
Krisis global berupa pandemi Covid-19 telah memunculkan tatanan dunia baru yang disebut era new normal. Tatanan baru ini memunculkan sejumlah persaingan usaha baru terutama penggunaan media pemasaran berbasis digital. Tantangan ini sangat dirasakan khususnya bagi UKM. Tujuan kegiatan PKM ini adalah mendorong sikap kewirausahaan dari Mitra yaitu UKM kerajinan anyaman pandan di Desa Alue Dua Muka O sebagai satu sentra unggulan di Kabupaten Aceh Timur melalui peningkatan kemampuan memanfaatkan strategi logo dagang dan pemasaran digital demi mempertinggi berdaya saing. Kegiatan pendampingan ini dijalankan melalui metode ceramah saat penyampaian materi serta memberikan motivasi kepada mitra, metode diskusi agar terjadi komunikasi dua arah antara tim PKM dan mitra, metode demonstrasi agar mitra mudah memahami aplikasi dari materi yang disampaikan, metode praktik langsung agar mitra mengaplikasikan sendiri materi yang telah didapatkan dengan tetap dibawah bimbingan tim PKM, serta metode pengamatan untuk mengevaluasi dampak kegiatan terhadap daya saing usaha mitra. Hasil pendampingan menunjukkan saat ini mitra telah memiliki identitas logo usaha serta media pemasaran digital seperti WhatsApp, Instagram dan Website usaha. Ketrampilan dalam pemanfaatan media-media tersebut terus mengalami peningkatan, yang selanjutnya mendorong hasil penjualan. Ekspektasi untuk mampu mendukung daya saing produk dan memperluas cakupan pasar keluar daerah juga semakin bisa dicapai saat menghadapai era new normal.References
Agustina, T. (2020). Pandemi Covid-19: Turbulensi UMKM. Banjarmasin Post, edisi hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2020. https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/10/01/pandemi-covid-19-turbulensi-umkm.
Anggoro, D., Hasugian, H., & Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing pada UKM guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 384-391. doi: 10.37339/jurpikat.v1i3.345.
Dumitriu, D., Militaru, G., Deselnicu, D.C., Niculescu, A., & Popescu, M.A-M. (2019). A Perspective over Modern SMEs: Managing Brand Equity, Growth and Sustainability through Digital Marketing Tools and Techniques. Sustainability, 11(2111), 1-24. doi: 10.3390/su11072111.
Haryadi, R. N., Anda Rojali, Khumidin, & M. Fauzan. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3
Humas Aceh. (2018). Wakil Ketua Dekranasda Aceh Kunjungi Desa Kerajinan. Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Aceh Pemerintah Provinsi Aceh, dipublikasikan tanggal 03 September 2018. https://humas.acehprov.go.id/wakil-ketua-dekranasda-aceh-kunjungi-desa-kerajinan/.
Irham, M. (2020). Virus corona: UMKM diterjang pandemi Covid-19 sampai 'kembang kempis'. BBC News Indonesia, dipublikasikan tanggal 19 Maret 2020. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51946817.
James, L. (2020). Identifying the Effect of Digital Marketing Channels on the Growth of SME in South Asia: A Case Study on Faheem Haydar Dealzmag. MPRA Paper, No. 105156. https://Mpra.Ub.Uni-Muenchen.De/105156/.
Juhaeri; Rusilowati, U., Hamsinah; Marjohan, M., & Maddinsyah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Daya Saing Produk UKM selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. Jurnal Pengabdian
Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(1), 21-25.
Khan, K., & Panwar, T. (2019). “Achieving Sustainable Competitive Advantage through Brand Makeoverâ€. The Marketing Review. 19(3-4): 213-234. https://doi.org/10.1362/146934719X15774562877700.
Kumala, R., & Junaidi, A. (2020). Strategi Bisnis dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak di Masa Pandemi COVID-19 dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace). Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 98-103.
Luffarelli, J., Mukesh, M. & Mahmood, A. (2019). “Let the Logo Do the Talking: The Influence of Logo Descriptiveness on Brand Equityâ€. Journal of Marketing Research, 56(5): 862-878. https://doi.org/10.1177/0022243719845000.
Mazurek, M. (2019). "Brand Reputation and its Influence on Consumers’ Behavior". Grima, S., Özen, E., Boz, H., Spiteri, J. & Thalassinos, E. (Ed.). Contemporary Issues in Behavioral Finance (Contemporary Studies in Economic and Financial Analysis, Vol. 101), 45-52. https://doi.org/10.1108/S1569-375920190000101004.
Mufida, A. (2016). Ibu-Ibu Jangan Lupa Anyaman Pandan Tradisi Endatu Aceh. www.goaceh.go, edisi hari Selasa tanggal 12 April 2016. https://www.goaceh.co/artikel/ragam/2016/04/12/ibu-ibu-jangan-lupa-anyaman-pandan-tradisi-endatu-aceh.
Taiminen, H., & Karjaluoto, H. (2015). The Usage of Digital Marketing Channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633-651. doi: 10.1108/JSBED-05-2013-0073.
Undang-Undang Republik Indonesia No.15 Tahun 2001 tentang Merek.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).