Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Lomba Apresiasi Bagi Tutor Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Authors

  • Daddy Darmawan Universitas Negeri Jakarta
  • Rahmat Syah STABN Sriwijaya
  • Adi Irvansyah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18230

Keywords:

Penulisan, Tutor, Karya Ilmiah

Abstract

Tujuan kajian ini adalah memberikan gambaran menganai pelaksanaan pendampingan penulisan kaya Ilmiah untuk Tutor PKBM di DKI Jakarta. Kajian ini menggunakan metode evaluatif, model Kirkpatrick yang mengukur dua level yaitu Reaction dan Learning. Pelatihan melibatkan 30 Tutor dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner diakhir pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan tutor PKBM di DKI Jakarta memiliki sikap antusias terhadap pelatihan menulis. Hal tersebut dikarenakan menulis merupakan kebutuhan yang penting untuk memecahkan permasalahan dalam kelas. Selain itu setelah pelatihan diberikan tutor dapat mengembangkan pemahaman terhadap materi penulisan karya ilmiah, kemampuan mengembangkan latar belakang tutor, pemahaman teknik penulisan, kemampuan mengembangkan ide penulisan, keinginan untuk membuat karya, dorongan untuk belajar dan memberikan motivasi kepada tutor untuk berkarya.

References

Aluko, F. R., & Shonubi, O. K. (2014). Going beyond Kirkpatrick’s Training Evaluation Model: The role of workplace factors in distance learning transfer. Africa Education Review. https://doi.org/10.1080/18146627.2014.935007

An Nisa, K. (2018). Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Petik, 2(1), 24. https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i1.63

Arikunto, Suharsimi dan Jabar Abdul, C. S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. In PT bumi aksara.

Call, M. E., Hadley, A. O., & Rieken, E. (1994). Teaching Language in Context. The Modern Language Journal. https://doi.org/10.2307/329265

Cheong, M., Yammarino, F. J., Dionne, S. D., Spain, S. M., & Tsai, C. Y. (2019). A review of the effectiveness of empowering leadership. Leadership Quarterly, 30(1). https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2018.08.005

Coolican, H. (2018). Research Methods and Statistics in Psychology. In Research Methods and Statistics in Psychology.https://doi.org/10.4324/9781315201009

Ensour, W., Zeglat, D., & Shrafat, F. (2018). Impact of job satisfaction on training motivation. Problems and Perspectives in Management, 16(3). https://doi.org/10.21511/ppm.16(3).2018.27

Hall, R. A., & Ong, W. J. (1984). Orality and Literacy: The Technologizing of the Word. Language. https://doi.org/10.2307/414000

Ka-kan-dee, M., & Kaur, S. (2015). Teaching Strategies Used by Thai EFL Lecturers to Teach Argumentative Writing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 208. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.191

Ritonga, R. (2019). Penerapan model evaluasi kirkpatrick empat level dalam mengevaluasi program diklat di Balai Besar Penelitian Pertainan (BBPP) Lembang. Jurnal Pendidikan Nonmormal, 14(1).

Sadiku, L. M. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature. https://doi.org/10.26417/ejls.v1i1.p29-31

Sari, Y. I., Sumarmi, Utomo, D. H., & Astina, I. K. (2021). The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2). https://doi.org/10.29333/iji.2021.1422a

Sivaraman, S. I., & Krishna, D. (2015). Blooms Taxonomy-Application in Exam Papers Assessment. International Journal of Multidisciplinary Sciences and Engineering, 6(9).

Suriyanti, S., & Yaacob, A. (2016). Exploring teacher strategies in teaching descriptive writing in indonesia. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13(2). https://doi.org/10.32890/mjli2016.13.2.3.

Downloads

Published

2022-01-28