Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru Bahasa Inggris Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18234Keywords:
Literasi Digital, Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Bahasa InggrisAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini berupa edukasi literasi digital dalam pembuatan media pembelajaran interkatif bagi guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini dilatarbelakangi beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para guru Bahasa Inggris, Dengan dilaksanakannya keguatan PkM edukasi literasi digital ini diharapkan dapat mencapai tujuan sebagai berikut: 1) meningkatkan literasi digital dalam pembuatan media pembelajaran interaktif; 2) meningkatkan motivasi guru-guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Nganjuk dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis digital sebagai bentuk inovasi pembelajaran; dan 3) meningkatkan keterampilan guru-guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Nganjuk dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis digital sebagai bentuk inovasi pembelajaran. Metode yang digunakan pada kegiatan ini berupa: angket sebelum dan sesudah perlakuan, edukasi literasi digital (tutorial), dan penugasan. Rangkaian kegiatan PkM edukasi literasi digital pembuatan media pembelajaran interaktif bagi guru-guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Nganjuk berlangsung selama 5 bulan (Agustus – Desember 2021). Data tentang kemampuan literasi dan respon guru-guru diperoleh dengan memberikan angket tertutup sebelum dan sesudah tutorial.References
Darmawiguna, I. G. M., Pradnyana, I. M. A., Santyadiputra, G. S., & Pradnyana, G. A. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Prezi Dan Videoscribe Bagi Guru-Guru Di Smk Negeri 1 Nusa Penida. Jurnal Widya Laksana, 8(1), 43–50. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/15584
Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.
Firmadani, F., Shalima, I., & Al Firdaus, M. M. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Ispring Presenter Bagi Guru Mi Al Islam Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten. Conference on Language and Language Teaching, 170–177.
Hakim, L., Lefudin, L., Ratnaningdyah, D., & Sugiarti, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 38. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.4295
Kemendikbud. (2017). Buku Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di SMA. Dit. PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lesmana, C., Hartono, H., Hartono, H., Permana, R., Permana, R., Matsun, M., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru Smp Negeri 1 Sungai Kakap. Al-Khidmah, 1(2), 61. https://doi.org/10.29406/al-khidmah.v1i2.1216
Macromedia, B., Mx, F., & Situasi, B. A. (n.d.). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis.
Pemerintah RI. (n.d.). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pujawan, K., & Restami, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Guru Kecamatan Busungbiu. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1, 18. https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.458
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).