Dengan Si Apik, Insya Allah Laporan Keuangan Jadi Lebih Apik (Studi Pada UMKM Mika Hijab)

Authors

  • Ali Tafriji Biswan Akuntansi, Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Abdul Aziz Akuntansi, Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Nastiti Wirastuti Akuntansi, Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Yoga Arif Wicaksono Akuntansi, Politeknik Keuangan Negara STAN

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18237

Keywords:

UMKM, Akuntansi, Laporan Keuangan, Si Apik

Abstract

Cukup besarnya peran bisnis kerakyatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bagi perekonomian bangsa tidak diragukan lagi. UMKM sudah menopang sektor riil demikian baik, ikut menyangga pembangunan dan mendorong roda ekonomi. Meski demikian, gerak langkah UMKM untuk maju tidak terlepas dari kendala atau permasalahan. Salah satu kendalanya adalah akses dan penggunaan alat bantu pembukuan yang belum sepenuhnya diketahui. Dengan demikian, harapan pembukuan dan pelaporan keuangan yang lebih sesuai dengan standar akuntansi belum sepenuhnya terwujud. Hal ini bisa berpengaruh pada kurang memadainya evaluasi kinerja bisnis UMKM dan kurangnya peluang mendapatkan alternatif pendanaan agar bisnis berkembang lebih maju lagi (mengingat salah satu syarat mengajukan pendanaan adalah ketersediaan laporan keuangan yang baik). Program pengabdian UMKM ini memberikan alternatif UMKM membukukan transaksinya dengan mudah dan efisien menggunakan aplikasi Si Apik rancangan Bank Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia. Program ini mendampingi “UMKM contoh†melalui upaya identifikasi dan analisis transaksi, pencatatan dan input data transaksi ke aplikasi hingga pelaporan keuangan. Hasil program ditanggapi positif pihak UMKM karena pendampingan pembukuan berbasis aplikasi memberikan alternatif solusi yang dapat diterapkan sewaktu-waktu, murah, dan efisien. Apalagi di era digital, penggunaan aplikasi akuntansi sangat relevan untuk pengembangan bisnis UMKM.

References

Amri, Andi, 2020, Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia, Jurnal Brand, Vol. 2 No. 1 (2020).

Arianto, Bambang, 2020, Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19, ATRABIS: Jurnal Administrasi, Vol. 6 No. 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020).

Febriyanto, Dwi Panggah, Like Soegiono, dan Ari Budi Kristanto, Pemanfaatan Informasi Keuangan dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, Vol. 9, No. 2 (2019).

Hafni, Roswita dan Ahmad Rozali, 2015, Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia, Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Vol. 15, No. 2 (2015).

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Islam, Md. Rafiul dan Md. Amir Sharif, 2017, Accounting as a Language of Business: A study for conceptual understanding, IJRM: International Journal of Scientific Research and Management, Vol. 5 No. 11 (2017).

Katadata.co.id/umkm, 2020.

Keuangan.kontan.co.id, 01/02/2021.

Lutfi, A. M., et al. (2021). Pengaruh Capital Adequacy Ratio Dan Bopo Ratio Terhadap Return On Asset Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Periode 2010-2019. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(3), 420-428.

Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Putranto, Rizky Bayu, 2020, Implementasi Mobile Application Akuntansi UKM pada UMKM Sektor Industri Coklat Olahan, Prosiding Simposium Nasional Keuangan Negara hal. 273-292.

Downloads

Published

2022-01-28