Pelatihan Aspek Marketing Mix Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Rumarisa Segar Jelly Di Kota Jambi

Authors

  • Feny Tialonawarmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Fredy Olimsar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18248

Keywords:

Marketing Mix, Product, Promotion, Price, Place

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dalam bentuk pelatihan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah Rumarisa Segarjelly yang berada di rumah pribadi daerah Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi dalam mengembangkan usahanya, sehingga dapat memudahkan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain itu, adapun tujuan umum yang dicapai adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai aspek marketing mix yang dapat dikembangkan sebagai dasar untuk melayani konsumen melalui proses manajemen marketing yang baik. Target dalam pengabdian ini pelaku usaha mikro kecil menengah dapat mengembangkan bisnis Rumarisa Segarjelly dengan menerapkan aspek marketing mix yang baik sehingga timbulnya kepuasan para konsumen.

References

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

ER, T., Listiawati, et al. (2021). The Effect Of Online Marketing And E-Service Quality On Purchase Decisions: An Emprirical Study On Online Shop. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3).

Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Hermawan Kartajaya. (2002), Hermawan Kartajaya On Marketing, Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Pertiwi, M. I., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 179–186.

Singh, M. (2012). Marketing Mix of 4P’S For Competitive Advantage. Journal Of Business and Management, 3(6), 41–44.

Downloads

Published

2022-01-28