Enhancing Creative Entrepreneurship Competencies (UMKM Tradisional Batik Kayu Krebet Yogyakarta)

Authors

  • Artarina D. A. Samoedra Universitas Widyatama Bandung
  • Annisa Lisdayanti Universitas Widyatama Bandung
  • Dinda Kayani Putri Bestari Universitas Widyatama Bandung
  • Gallang Perdhana Dalimenthe Universitas Widyatama Bandung
  • Ni Putu Nurwita Pratami Wijaya Universitas Widyatama Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23426

Keywords:

UMKM, Kompetensi Kewirausahaan, Digital Marketing

Abstract

UMKM dituntut untuk selalu meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang. Salah satunya adalah dengan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai penunjang kegiatan usahanya. Menumbuh kembangkan kewirausahaan yang sukses menjadi sangat penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi. Kesuksesan kewirausahaan ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki seorang wirausaha. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diharapkan dapat memberikan ilmu dan pengalaman bagi masyarakat khususnya di masa pandemic seperti ini dengan adanya peralihan dari jual beli manual ke digital mau tidak mau membuat para pelaku usaha UMKM untuk ikut beradaptasi. Maka dari itu, sangat penting bagi UMKM untuk mulai melakukan transformasi digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dilaksanakan secara online dan diikuti oleh para peserta yang terdiri dari UMKM Kota Bandung dan Yogyakarta. Kesuksesan kewirausahaan ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki seorang wirausaha.

References

Baygrave W and Zacharakis A. 2014. Entreprenurship. Wiley; 3 edition.

Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54-66.

Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Clow, Kenneth E., Baack, Donald. 2018. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications, 8th Edition, Pearson Education Limited.

Kotler, Phillip, & Amstrong, Gary. 2018. Principles Of Marketing, Global Edition, 14th Edition, Pearson Education

Lovelock & Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, Indonesia

Mulyadi, D., Humairoh, S., & Sihabudin, S. (2020). EVALUASI STRATEGI PEMASARAN PADA MINI MARKET MOR STORE KARAWANG. MEDIA BINA ILMIAH, 13(5), 1215-1222.

Plucker, Jonathan A. 2017. Creativity & Innovation: Theory, Research, and Practice. Prufrock Press Incorporated.

Purwanti, Y., Erlangga, H., Kurniasih, D., Pratama, A., & Sunarsi, D. (2021). Nurjaya, Abdul Manan, Nur Imam Duta Waskita, Dodi Ilham, Denny Aditya Dwiwarman, Agus Purwanto.(2021). The Influence Of Digital Marketing & Innovasion On The School Performance. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(7), 118-127.

Roblesa, L., dan M. Z. Rodrigueza. 2015. "Key Competencies for Entrepreneurship". Procedia Economics and Finance, Vol. 23, No., hlm: 828 – 832.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Sutrisno, A., Mulyono, S. E., Wafa, H., & Tjahyadi, I. (2021). Strategi Marketing UMKM di Desa Widoro Kecamatan Krejengan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 91-96.

Zahra, S. A., Gedajlovic, E., Neubaum, D. O., & Shulman, J. M. (2009). A typology of social entrepreneurs: Motives, search processes and ethical challenges. Journal of Business Venturing, 24(5), 519–532.

Tjiptono, Fandy.2011, Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang

Downloads

Published

2022-08-10