Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan “Blangkon Surjan Yogyakarta” Dengan Meningkatkan Kemitraan Efektifitas Strategi

Authors

  • Mariana Rachmawati Universitas Widyatama Bandung
  • Dede Sutisna Universitas Widyatama Bandung
  • R. Adjeng Mariana F. Universitas Widyatama Bandung
  • Suharno Pawirosumarto Universitas Widyatama Bandung
  • Lilis Yuaningsih Universitas Widyatama Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23428

Keywords:

Strategi Kemitraan, Strategi Pemasaran

Abstract

Melestarikan dan melestarikan budaya Jawa adalah tugas seluruh masyarakat Jawa sendiri maupun masyarakat yang tinggal di Jawa serta masyarakat dan semua pihak yang peduli terhadap budaya Jawa. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) budaya yang dimiliki sangat kental dan masih terjaga dan dilestarikan dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Di DIY terdapat beberapa tradisi yang mencerminkan pelestarian budaya Jawa, salah satunya adalah tradisi Kamis Pahing. Sesuai dengan peraturan Pemerintah Daerah DIY, setiap siswa sekolah, perangkat Desa dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Tingkat Kapanewon hingga Pemerintah Kabupaten mengenakan pakaian adat Gagrag Ngayogyakarta. Blangkon dipakai sebagai penutup kepala dan dipasangkan dengan pakaian adat. Untuk Yogyakarta, blangkon memiliki ciri khas mondholan di bagian belakang. Desa Beji di Sleman dikenal sebagai sentra pembuatan blangkon khas Yogyakarta. Banyak orang yang memesan untuk membuat blangkon di tempat ini mulai dari kalangan keraton, artis, politisi hingga konsumen dari luar negeri. Salah seorang perajin blangkon, Ibu Ari Link, yang memulai usaha blangkon pada tahun 1980, mengaku keahliannya dalam membuat blangkon diturunkan secara turun-temurun dari keluarganya. Di desanya dalam satu RT terdapat 20 pengrajin blangkon yang tergabung dalam paguyuban. Diakuinya pesanan blangkon cukup banyak dan terkadang kewalahan karena keterbatasan tenaga.serta kurangnya informasi dan pengetahuan strategi Kemitraan dan strategi pemasaran, Saat seorang pengusaha khususnya para UMKM ingin memasarkan produknya di pasar ekspor atau pasar global, mereka harus mengetahui cara agar produk memasuki pasar ekspor.

References

Cravens, David W and Nigel.F Piercy, 2013, Strategic Marketing. 10th Edition. New York: McGraw-Hill

David, Fred R, 2013, Strategic Management, Concepts & Cases. PearsonEducation Limited, England

Drucker, Peter F, 2012, The Practice of Management, Revised Edition, ElsevierDrucker, Peter F, 2011, Management, Tasks, Responsibilitoes, Practices, Rouledge, New York

Gupta, Vishal K; Dutta, Dev K; Chen, Xiujian, 2014, Entrepreneurial Orientation Capability and Firm Performance under Conditions of Organizational Learning, Journal of Managerial Issues 26.2 : 157-173,92.

Hitt, Michael A. ;Ireland, R. Duane; Hoskisson, Robert E., 2015, Strategic Management : Competitiveness & Globalization: Concepts and Cases, Eleventh Edition, Stamford : Cengage Learning

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2007. Marketing Management Edisi 8. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip, dan Keller (2013). Marketing Management, Thirteen Edition New Jersey: Prentice Hall

Lovelock, HI Christopher. 2012., Service Marketing. Prentice Hall International, Inc. London

Mulyadi, D., Humairoh, S., & Sihabudin, S. (2020). EVALUASI STRATEGI PEMASARAN PADA MINI MARKET MOR STORE KARAWANG. MEDIA BINA ILMIAH, 13(5), 1215-1222.

Pearce, John A. II, Richard B. Robinson, Jr., 2015, Strategic Management: Planning for Domestic & Global Competition, International Edition, New York: McGraw Hill.

Purwanti, Y., Erlangga, H., Kurniasih, D., Pratama, A., & Sunarsi, D. (2021). Nurjaya, Abdul Manan, Nur Imam Duta Waskita, Dodi Ilham, Denny Aditya Dwiwarman, Agus Purwanto.(2021). The Influence Of Digital Marketing & Innovasion On The School Performance. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(7), 118-127.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Sutrisno, A., Mulyono, S. E., Wafa, H., & Tjahyadi, I. (2021). Strategi Marketing UMKM di Desa Widoro Kecamatan Krejengan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 91-96.

Tjiptono, Fandy. 2015, Service Marketing - Principles, Implementation and Research, Andi Offset, Yogyakarta.

Wheelen, Thomas L.; Hunger, J. David; Hoffman, Alan N.; Bamford, Charles E. 2015, Strategic Management And Business Policy: Globalization, Innovation, and Sustainability, 14th Edition, Global Edition, Pearson.

Zulganef, 2015. Social and Business Research Methods, First Matter, Graha Ilmu Yogyakarta

Downloads

Published

2022-08-10