Pemahaman Akuntansi Untuk Mendukung Penyusunan Laporan Keuangan Yang Efektif Pada Yayasan Perguruan Cikini

Authors

  • Yunita Kurnia Shanti Universitas Pamulang
  • Susi Sih Kusumawardhany Universitas Pamulang
  • Sudarmadi Sudarmadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23437

Keywords:

Akuntansi, Laporan Keuangan, Akuntabilitas, Manajemen Transparansi, Intergenerational Equity

Abstract

Lembaga organisasi membutuhkan cara dan teknik dalam mengelolanya, dikarenakan setiap lembaga membutuhkan kemajuan dan penataan yang sesuai dengan sistem yang berlaku dalam sebuah perkantoran maupun organisasi. Setiap penataan diperlukan sebuah pengetahuan yang mendasar tentang cara mengelola, mengatur, mengarahkan dan mengevaluasi semua bidang yang ada di dalam perkantoran maupun organisasi tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa semua yang berkaitan dengan perkantoran maupun organisasi yang dibentuk dapat berjalan dengan semestinya. Sebagaimana diketahui bahwa kemajuan sebuah perkantoran seperti kantor pemerintahan, diperlukan sistem penataan yang sistematis. Salah-satunya dalam bidang administrasi dan keuangan yang diatur dalam perkantoran pemerintahan. Perkantoran akan berkembang secara efektif, disebabkan oleh kemampuan para pekerja yang ada di perkantoran. Karena berkembangnya perkantoran membutuhkan para kinerja yang mampu mengelola keuangan dan administrasinya. Dalam menyusun laporan konsolidasi pelaksanaanya secara sistematis dan terstruktur dengan akuntabilitas, manajemen, transparansi dan intergenerational equity. Oleh karena itu, banyak sistem yang harus dipelajari mengenai cara mengelola dan mengembangkan sistem manajemen administrasi dan keuangan agar menjadi sebuah perkantoran maupun organisasi yang menonjol dan mempunyai daya perkembangan yang lebih intensif. Administrasi melingkupi seluruh kegiatan, dari pengaturan hingga pengurusan sekelompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Administrasi dapat berjalan dengan dua atau banyak orang terlibat di dalamnya.

References

Arens. 2008. Audit dan Jasa Assurance: Pendekatan Terpadu (Adaptasi Indonesia), Jakarta: Salemba Empat.

Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Georgopolous dan Tannenbaum. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no.1 Penyajian Laporan Arus Kas (Revisi 2009). Jakarta: Salemba Empat.

Manoppo, Rannita Margaretha. 2013. “Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT. Sinar Galesong Prima Cabang Manadoâ€. Dalam Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol 1 no. 4. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2837/23. Diakses pada tanggal 3 April 2018.

Soemarso. (2008). Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Ke Lima, Buku Ke Satu. Jakarta : Salemba Empat.

Utarindasari, Destiana, Ayu Purnama, and Alvia Prihatini. "Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Gandoang." Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) 1, no. 1 (2021): 44-52.

Downloads

Published

2022-08-10