Pelatihan Laporan Perpajakan Bagi Siswa SMK Surabaya

Authors

  • Soemaryono Soemaryono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Rudi Pratono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Ismangil Ismangil Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23438

Keywords:

Teori perpajakan, Tarip Perpajakan, Formulir Perpajakan, Laporan Perpajakan

Abstract

Pelaksanaan kegiatan   pengabdian   kepada   masyarakat   ini bertujuan   untuk  mengembangkan keilmuan khususnya bidang perpajakan bagi para peserta khususnya murid sekolah menengah kejuruan , serta memberikan  bekal    pengetahuan didalam meningkatkan  ketrampilan  praktek pelaporan perpajakan yang diterapkan oleh direktorat jenderal pajak.   Sasaran yang dituju adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Surabaya Jurusan Akuntansi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini pesertanya sebanyak 40 siswa dan 5 orang guru pendamping.  Metode   pengabdian   kepada masyarakat   yang   dilakukan   dengan   cara   memberikan materi pengetahuan yang bersifat teori dan pratek   yang   dimulai   dari pemahaman pengertian perpajakan, pengertian pajak penghasilan, tarip pajak pengahasilan , jenis formulir perpajakan, fungsi masing-masing formulir perpajakan dan pengisian surat pemberitahuan pajak untuk wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini para peserta atau siswa memahami teori perpajakan secara fundamental yang berlaku di indonesia Serta mampu memahami menghitung pajak penghasilan yang harus dibayar baik untuk wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan, prosedur pelaporan perpajakan, formulir-formulir yang harus dilengkapi dalam laporan perpajakan,  tata cara membayar pajak, melaporkan surat pemberitahuan perpajakan serta laporan pembetulan jika terjadi kesalahan didalam laporan perpajakan.

References

Nugroho. 2012. Kingdom of Education. http://www.sangkoeno.com/2018/01/su-bjek-dan-objek-pajak.html, diakses 27 april 2019

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang diterima atau diperoleh Wajb Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Suminarsasi. 2012, Peningkatan sector pajak, medika , surabaya

Prasetyo. 2010. Penerapan Tax Planning. Surabaya.

Undang-undang No.28 Tahun 20017 Tentang ketentuan umum dan tata cara Perpajakan

Undang-undang No.36 Tahun 2008 Tentang pajak penghasilan

Waluyo. 2007, Penerapan tax planning untuk pajak penghasilan dalam upaya Penghematan pajak, sinar ilmu, surabaya.

Downloads

Published

2022-06-10