Penguatan Literasi Matematika Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Kampus Mengajar 2

Authors

  • Ratri Candra Hastari Universitas Bhinneka PGRI, Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23439

Keywords:

AKM, Literasi Matematika, Kampus Mengajar

Abstract

Kondisi learning loss memungkinkan berpengaruh kepada literasi peserta didik di Indonesia, khususnya literasi matematika. Literasi matematika dapat membantu untuk memahami peran serta keguanaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Asesmen kompetensi minimum (AKM) mengukur kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di setiap jenjang pendidikan pada siswa sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama. Peran mahasiswa pada program kampus mengajar antara lain kolaborasi dengan guru, membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah maupun pembelajaran jarak jauh, khususnya dalam pembelajaran literasi dan numerasi. Kegiatan mahasiswa membantu mengajar kelas AKM penguatan literasi khususnya literasi matematika meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti kelas AKM yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang bergabung dalam kelas AKM.

References

Alda Dwi Cahyanovianty, & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(Juli 2021), 1439–1448.

Amri, K., & Kusuma, A. B. (2021). LITERASI MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(2), 99–106.

Arrozi, F. (2021). Jurnal Pendidikan Islam. Perilaku Organisasi Dan Efektivitas Kepemimpinan Kyai Di Pondok Pesantren Dalam Mengantisipasi Learning Loss Di Masa Pandemi, 6(Februari), 56–74.

Dewi Pratiwi, W. (2021). Learning loss : Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 147–153.

Ismuniar, C., & Ardiwinata, E. (2021). GAMBARAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING MAHASISWA SELAMA PROSES PERKULIAHAN ONLINE GUNA UNTUK MELIHAT LEARNING LOSS DI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Volume, 7(3), 105.

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

Noviantari, I., & Faridhoh, F. (2021). Analisis Learning Loss Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 112–120.

Ramadhani, Z., N, O. R., Saputra, D. P. J., Afifullah, M. Y., & Darmadi. (2021). Analisis Penerapan Asessmen Kompetensi Minimum (Akm) Terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kabupaten Magetan. INNOVATIVE: JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE RESEARCH, 1(2), 342–345.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Downloads

Published

2022-08-10