Pendampingan Strategi Branding Dan Packaging Industri Kerupuk Skala Rakyat Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo

Authors

  • Lestari Lestari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Kristiningsih Kristiningsih Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Gimanto Gunawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23443

Keywords:

Strategi Branding, Strategi Packaging

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berusaha untuk memberikan solusi strategi pemasaran, yaitu strategi Branding dan Packaging sehingga dapat membantu produk untuk mecapai persaingan unggul. Keberhasilan keunggulan bersaing dicapai dengan volume penjualan yang meningkat. Obyek dari kegiatan ini adalah indutri kerupuk skala rakyat di Desa Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Di Wilayah ini banyak sekali masyarakat yang menekuni kegiatan pembuatan kerupuk untuk di jual di bernagai daerah teramsuk di luar Jawa. Metode kegiatan yang di pakai adalah pendampingan. Pendampingan dilakukan dengan membantu dan terlibat dalam proses branding dan Pengemasan produk-produk yang dihasilkan oleh industry kerupuk skala rakyat di Desa Tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dibuat rencana strategi untuk pemasaran produk kerupuk yang sudah matang, mendesain ulang merek dengan menambah beberapa informasi tentang merek yang berupa label merek, label produk, label tingkatan dan label deskriptif, serta pengemasan.

References

Aaker, David (1991), Managing brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name. New York: The Free Press

Anholt, Simon (2007), Competitive Identity. The New Brand Management for nations, Cities and Regions, Palgrave Macmillan

David AAker (2015), Aaker On Branding 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Kotler Philip (2000), Marketing Management Millenium Edition, Prentice Hall International, Inc, Kotler,Phillip & Amstrong, Gary (1996), Principles of Marketing.Prentice Hall.Inc

Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:Graha Ilmu

Markplus Institute of Marketing (2009), Brand Operation, Jakarta : Erlangga

Sadat, M. Andi. (2009). Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat

Suryani, Tatik (2008), Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-08-10