Pendampingan Strategi Branding Dan Packaging Industri Kerupuk Skala Rakyat Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23443Keywords:
Strategi Branding, Strategi PackagingAbstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berusaha untuk memberikan solusi strategi pemasaran, yaitu strategi Branding dan Packaging sehingga dapat membantu produk untuk mecapai persaingan unggul. Keberhasilan keunggulan bersaing dicapai dengan volume penjualan yang meningkat. Obyek dari kegiatan ini adalah indutri kerupuk skala rakyat di Desa Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Di Wilayah ini banyak sekali masyarakat yang menekuni kegiatan pembuatan kerupuk untuk di jual di bernagai daerah teramsuk di luar Jawa. Metode kegiatan yang di pakai adalah pendampingan. Pendampingan dilakukan dengan membantu dan terlibat dalam proses branding dan Pengemasan produk-produk yang dihasilkan oleh industry kerupuk skala rakyat di Desa Tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dibuat rencana strategi untuk pemasaran produk kerupuk yang sudah matang, mendesain ulang merek dengan menambah beberapa informasi tentang merek yang berupa label merek, label produk, label tingkatan dan label deskriptif, serta pengemasan.References
Aaker, David (1991), Managing brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name. New York: The Free Press
Anholt, Simon (2007), Competitive Identity. The New Brand Management for nations, Cities and Regions, Palgrave Macmillan
David AAker (2015), Aaker On Branding 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Kotler Philip (2000), Marketing Management Millenium Edition, Prentice Hall International, Inc, Kotler,Phillip & Amstrong, Gary (1996), Principles of Marketing.Prentice Hall.Inc
Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:Graha Ilmu
Markplus Institute of Marketing (2009), Brand Operation, Jakarta : Erlangga
Sadat, M. Andi. (2009). Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat
Suryani, Tatik (2008), Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).