Pelatihan Dan Pendampingan Sekolah Inklusi Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23447Keywords:
Sekolah Inklusi, Sekolah Ramah AnakAbstract
Manusia memiliki berbagai macam keberagaman dalam cara mendapatkan ilmu pengetahuan. Setiap peserta didik adalah pembelajar yang unik dengan segala macam karunia, bakat, dan kemampuannya yang masih belum banyak terjamah oleh dunia pendidikan. Sekolah ramah anak merupakan sekolah yang melayani keberagaman peserta didik. Sekolah ini juga menfasilitasi segala jenis hak yang seharusnya didapatkan oleh peserta didik. Sekolah ini diharapkan mampu untuk memanusiakan manusia. Adanya sekolah ramah anak ini diharapkan agar bukan hanya anak normal saja yang dapat kesempatan untuk belajar di sekolah umum. Indonesia terdiri dari berbagai pulau dan daerah kecil yang membuat pemerataan fasiltas dan sosialisasi sekolah ramah anak menjadi lambat. Di Tarakan belum ada sekolah inklusi yang ramah anak. Anak berkebutuhan khusus masih sekolah di SLB. Oleh kerana itu kami mengadakan sosialisasi penggerak sekolah inklusi ramah anak bermitrakan seluruh guru dan stake holder di Tarakan. Evaluasi dari pelatihan ini, tahun depan SD Utama 1 Kota Tarakan mulai tahun ajaran baru 2022 menjadi pilot sekolah Inklusi ramah anak yang pertama.References
Anak, P. S. R. (2015). Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 1–41.
Damanik, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tentang Sekolah Ramah Anak Pada Mata Kuliah Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 16(31), 37–50. https://doi.org/10.24114/jkss.v16i31.10172
Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180
Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2012). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 38–58. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.257
Nuraeni, L., & Nurunnisa, R. (2020). Efektifitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial. STKIP Siliwangi Jurnal, 6(1), 2581–0413. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1481
Putri, Y., & Rahaju, T. (2020). Implementasikebijakan Sekolah Ramah Anak Di Sma Negeri 3 Kota Kediri. Publika. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/32042%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/32042/29063
Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019
Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Di Smp Negeri 6 Depok. Natapraja, 7(2), 231–244. https://doi.org/10.21831/jnp.v7i2.24757
Rohmana, F. S., & Suyanto, T. (2019). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Sebagai Pengarusutamaan Hak Anak di MTsN 6 Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 646–660.
Rohmanurmeta, fauzatul M. (2018). Pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 109–118. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/5877
Rohmawati, N., & Hangestiningsih, E. (2019). Kajian Program Sekolah Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 35, 225–229.
Sakti, B. P. (2016). Indikator Sekolah Dasar Ramah Anak, 36(1). Diambil dari http://ejournal.utp.ac.id/index.php/PROPKO/article/view/596
Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak Informasi artikel ABSTRAK Sejarah artikel: Diterima Revisi Dipublikasikan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).