Pelatihan Dan Pendampingan Sekolah Inklusi Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Authors

  • Desy Irsalina Savitri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Borneo Tarakan
  • Degi Alrinda Agustina Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23447

Keywords:

Sekolah Inklusi, Sekolah Ramah Anak

Abstract

Manusia memiliki berbagai macam keberagaman dalam cara mendapatkan ilmu pengetahuan. Setiap peserta didik adalah pembelajar yang unik dengan segala macam karunia, bakat, dan kemampuannya yang masih belum banyak terjamah oleh dunia pendidikan. Sekolah ramah anak merupakan sekolah yang melayani keberagaman peserta didik. Sekolah ini juga menfasilitasi segala jenis hak yang seharusnya didapatkan oleh peserta didik. Sekolah ini diharapkan mampu untuk memanusiakan manusia. Adanya sekolah ramah anak ini diharapkan agar bukan hanya anak normal saja yang dapat kesempatan untuk belajar di sekolah umum. Indonesia terdiri dari berbagai pulau dan daerah kecil yang membuat pemerataan fasiltas dan sosialisasi sekolah ramah anak menjadi lambat. Di Tarakan belum ada sekolah inklusi yang ramah anak. Anak berkebutuhan khusus masih sekolah di SLB. Oleh kerana itu kami mengadakan sosialisasi penggerak sekolah inklusi ramah anak bermitrakan seluruh guru dan stake holder di Tarakan. Evaluasi dari pelatihan ini, tahun depan SD Utama 1 Kota Tarakan mulai tahun ajaran baru 2022 menjadi pilot sekolah Inklusi ramah anak yang pertama.

References

Anak, P. S. R. (2015). Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 1–41.

Damanik, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tentang Sekolah Ramah Anak Pada Mata Kuliah Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 16(31), 37–50. https://doi.org/10.24114/jkss.v16i31.10172

Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086

Hasibuan, A. T., & Rahmawati, R. (2019). Sekolah Ramah Anak Era Revolusi Industri 4.0 Di SD Muhammadiyah Pajangan 2 Berbah Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 49–76. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.180

Kristanto, K., Khasanah, I., & Karmila, M. (2012). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 38–58. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.257

Nuraeni, L., & Nurunnisa, R. (2020). Efektifitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial. STKIP Siliwangi Jurnal, 6(1), 2581–0413. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1481

Putri, Y., & Rahaju, T. (2020). Implementasikebijakan Sekolah Ramah Anak Di Sma Negeri 3 Kota Kediri. Publika. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/32042%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/download/32042/29063

Rangkuti, S. R., & Maksum, I. R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 38. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019

Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Di Smp Negeri 6 Depok. Natapraja, 7(2), 231–244. https://doi.org/10.21831/jnp.v7i2.24757

Rohmana, F. S., & Suyanto, T. (2019). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Sebagai Pengarusutamaan Hak Anak di MTsN 6 Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2), 646–660.

Rohmanurmeta, fauzatul M. (2018). Pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 109–118. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/5877

Rohmawati, N., & Hangestiningsih, E. (2019). Kajian Program Sekolah Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 35, 225–229.

Sakti, B. P. (2016). Indikator Sekolah Dasar Ramah Anak, 36(1). Diambil dari http://ejournal.utp.ac.id/index.php/PROPKO/article/view/596

Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak Informasi artikel ABSTRAK Sejarah artikel: Diterima Revisi Dipublikasikan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

Downloads

Published

2022-08-10