Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Android Si Apik Bagi UMKM Amangtiwi Di Malang

Authors

  • Lilik Pirmaningsih Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Tantri Bararoh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Kholidiah Kholidiah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23449

Keywords:

Aplikasi Si Apik, Laporan keuangan, UMKM Amangtiwi

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada UMKM Amangtiwi di Malang tentang penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi akuntansi berbasis Android Si Apik. Dengan menyesuaikan kondisi saat ini ( Pandemi ), di mana lagi trend para pelaku UMKM banyak yang memasarkan produknya dengan sistem online dengan memanfaatkan berbagai  media sosial. Maka sebaiknya pencatatan dan pelaporan keuangan juga menggunakan aplikasi yang  lebih mudah dan praktis. Dengan aplikasi ini tidak diperlukan pemakaian kertas dan alat tulis lagi, tetapi cukup memanfaatkan HP untuk mengoperasikan. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan sekaligus pendampingan dalam penggunaan aplikasi akuntansi berbasis Android Si Apik bagi UMKM Amangtiwi di Malang. Kegiatan pelatihan ini dapat dikatakan berhasil karena peserta beragumen bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mereka karena dapat menambah pengetahuan mereka tentang aplikasi akuntansi berbasis Android Si Apik. Pelatihan ini juga meningkatkan ketrampilan mereka menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi akuntansi tersebut.

References

Elvira, J, G., 2018, Analisis Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Si Apik Untuk Memenuhi Kebutuhan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Study Kasus di GR Souvenir Pundong, Bantul Yogyakarta). Skripsi Dipublikasikan FE Universitas Sanata Dharma.

IAI, 2016, Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK – EMKM), Jakarta.

Jusup, AL Haryono.1992. Dasar-dasar Akuntansi.Jilid 2.edisi ke-4.Bagian Penerbitan Sekolah Ilmu Ekonomi YKPN.Yogyakarta.

Pirmaningsih. Lilik dan Agus Sumanto, 2014. Pengantar Akuntansi 1. Mitra Wacana Media.

Rianto, Dedi Rahadi, 2014, Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android, Jurnal Perorangan Pascasarjana, Universitas Bina Darma, Palembang.

Rofiq, Muhammad Hidayah dkk, Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Si Apik Untuk Menunjang Pelaporan Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Kerupuk Ikan Ibu Sulastri Besuki).

Downloads

Published

2022-08-10