Pendampingan Komunikasi Bisnis yang Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Prima Usaha Kecil Menengah Pada Saat Pandemi Covid 19

Authors

  • Siti Djamilah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Atty Erdiana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Surenggono Surenggono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23450

Keywords:

Komunikasi Bisnis, Kualitas Layanan Prima, UKM

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak pada hampir semua sektor kehidupan, termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Oleh karena itu, UKM  perlu menyesuaikan  cara bisnisnya termasuk dalam komunikasi bisnisnya. Tujuan  kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Usaha Kecil Menengah Amangtiwi Malang untuk menerapkan komunikasi bisnis yang efektif untuk UKM supaya UKM dapat memberikan kualitas layanan prima. Dalam komunikasi bisnis yang efektid dikenal perspektif You view pointt yang artinya dalam berkomunikasi mesti mengutamakan penerima pesan (receiver). Dengan demikian UKM dalam berkomunikasi, baik lewat tatap muka maupun lewat media tertentu harus memperhatikan atau mengutamakan kebutuhan konsumen atau calon konsumen. Hal tersebut membuat konsumen atau calon konsumen mendapatkan perhatian dari UKM dan secara tidak langsung merasa mendapatlan kualitas layanan yang prima dari UKM. Tahapan pendampingan pengabdian masyarakat dimulai dari pemberian materi tentang jenis komunikasi bisnis, komunikasi bisnis efektif dan kualitas layanan prima. Setelah pemberian materi, pada pertemuan-pertemuan selanjutnya dilakukan evaluasi kegiatan pengabdian pada masyarakat misalnya berupa pendampingan pembuatan iklan dan bentuk-bentuk promosi yang lainnya.

References

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-pelayanan-prima/Pengertian

pelayanan prima 5 November 2021 diakses tanggal 6 Desember 2021

Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. 1988. SERVQUAL : A Multiple-Item Scale

for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing. Marketing Science Institute. 1(64): h: 12-40.

Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbi Erlangga

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2022-08-10