Pembentukan Mindset Wirausaha Muda Dengan Tingkat Pendidikan Tinggi Pada Siswa SMA Negeri 34 Pondok Labu Kota Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23454Keywords:
Mindset, Wirausaha Muda, Tingkat Pendidikan Tinggi, SMA Negeri 34, JakartaAbstract
Saat usia muda, perlunya membentuk mindset wirausaha dan menempuh Pendidikan di tingkat Pendidikan tinggi agar memiliki ilmu dan wawasan dalam berwirausaha. Dalam mewujudkan seorang wirausaha muda, maka sebuah Lembaga Pendidikan, seperti SMA Negeri 34 Jakarta perlu memfasilitasi siswanya agar dapat menjadi wirausaha sejak dini, agar diharapkan mampu menambah jumlah wirausaha khususnya di Kota Jakarta Selatan dan sekitarnya.Adapun tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memotivasi mengenai ilmu kewirausahaan dan motivasi kisah sukses dalam berwirausaha, terutama materi yang berkaitan dengan pembentukan mindset wirausaha pada anggota Siswa SMA Negeri 34 Jakarta.Metode yang digunakan pada Pengabdian masyarakat ini berupa Penyampaian materi PKM ini dilakukan secara Hybrid learning yaitu model pembelajaran secara bersamaan dengan bantuan teknologi menggunakan via aplikasi zoom bagi peserta yang online dan menggunakan infocus secara offline bagi peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat di sekolah. Dengan sebuah materi mengenai Pembentukan Mindset Wirausaha Muda dengan Tingkat Pendidikan Tinggi dan simulasi cara menjadi wirausahadi era kompetitif saat ini.Hasil pengabdian masyarakat oleh dosen-dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif terlihat dari antusias dan bersemangat dalam mengikuti pemberian materi, tanya jawab dan diskusi, serta bertambahnya ilmu pengetahuan, wawasan dan bimbingan mengenai Pembentukan Mindset Wirausaha Muda dengan Tingkat Pendidikan Tinggi.References
BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Jakarta Selatan. (2022). Kota Jakarta Selatan Dalam Angka 2022. https://jakselkota.bps.go.id/publication.html, diakses pada April 2022
Budiyanto, A., & Effendy, A. A. (2020). Analisa Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan terhadap Pemberdayaan Koperasi dan UMKM dan Dampaknya terhadap Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 80-93.
Effendy, A. A., Budiyanto, A., Nurhadi, A., Murtiyoko, H., & Mas’adi, M. (2020). “Implementasi Kewirausahaan dan Koperasi di Sekolah pada SMK Mulia Buana, Parung Panjang–Kab. Bogor.†DEDIKASI PKM, 1(2), 105-110.
Effendy, A. A., Mas’adi, M., Wicaksono, W., Nurhadi, A., & Murtiyoko, H. (2020).
“Mewujudkan Generasi Muda Yang Unggul Di Era Globalisasi Dengan Berbekal Ilmu Wirausaha Yang Kreatif, Inovatif Dan Diferensiatif Pada Remaja Masjid Al Hikmah Reni Jaya Pamulang Tangerang Selatan.†Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 8-15.
Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.
Mas’adi, M., Effendy, A. A., Nurhadi, A., Wicaksono, W., & Murtiyoko, H. (2021). BERWIRAUSAHA DENGAN SEMANGAT KOLABORASI BERSAMA KURIR ONLINE PADA PELAKU UMKM DI WILAYAH RENI JAYA PAMULANG BARAT. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 173-178.
Nasution. (2015). “Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajarâ€, PT Bumi Aksara, Jakarta
Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). “Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakartaâ€. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).