Pembentukan Mindset Futuristik Leadership Untuk Generasi Milenial Pada Siswa SMA Negeri 34 Pondok Labu Kota Jakarta Selatan

Authors

  • Mahnun Mas'adi Universitas Pamulang
  • Rachmawaty Rachmawaty Universitas Pamulang
  • Suyatin Suyatin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23455

Keywords:

Generasi Milenial, Mindset, Pemimpin Futuristik, SMA Negeri 34, Jakarta

Abstract

Salah satu penyebab perubahan perilaku manusia pada era digital ini adalah internet dan smartphone. Generasi yang sangat dekat dengan kemjuan internet adalah generasi Z, dibandingkan generasi sebelumnya (generasi X dan generasi Y). Menurut Stilman Stillman (2018) dalam (Mas et al., n.d., p. 7820) dikatakan bahwa generasi Z memiliki ciri figital yang melihat dunia nyata dan dunia virtual saling tumpang tindih. Semakin maju teknologi memang membuat generasi muda menjadi cerdas secara kognitif namun lemah secara afektif. Hal ini tampak pada keseharian, dimana membully, menghina dengan terang-terangan di media sosial, perilaku kekerasan, hingga karakter seksual menyimpang tak lagi menjadi hal yang tabu atau bahkan malu untuk diperlihatkan. Gawai dan media sosial membuat banyak generasi-generasi penggunanya menjadi manusia yang manipulatif, seolah-olah tidak sesuai dengan kenyataannya. Majunya dunia digital dan meningkatnya pesaingan di semua lini sosial, maka generasi muda lah yang harus menjadi generasi unggul dalam berinovasi dan melakukan hal yang kreatif. Pemimpin futuristic harus lahir dari generasi yang memiliki mindset futuristik. Dari SMA 34 inilah akan muncul calon pemimpin pemimpin masa depan. Calon pemimpin milenial yang akrab dengan kemajuan tehnologi. Adaptif dengan dunia digital yang dapat meningkatkan daya jual dirinya sebagai calon pemimpin milenial dan bersaing secara kompetitif. Hal ini menjadi sangat relevan dengan kebutuhan pemimpin dari kalangan milenial.

References

Anismadiyah, V., Sulaiman, S., Effendy, A. A., Purnomo, B., & Prasetyo, H. (2020). Membangun Jiwa Kepemimpinan Enterpreneur Muda Dalam Menghadapi Era Globalisasi Untuk Karyawan Pt. Teknolabindo Penta Perkasa. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 102. https://doi.org/10.32493/abmas.v1i1.p102-110.y2019

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. 1–153. www.freepik.com

Effendy, A. A., & Fitria, J. R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Modernland Realty, TBK). JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 264. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v3i3.4864

Effendy, A. A., Mas’adi, M., Wicaksono, W., Nurhadi, A., & Murtiyoko, H. (2020). Mewujudkan Generasi Muda Yang Unggul Di Era Globalisasi Dengan Berbekal Ilmu Wirausaha Yang Kreatif, Inovatif Dan Diferensiatif Pada Remaja Masjid Al Hikmah Reni Jaya Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 8. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6268

Jati, W., Triyadi, T., Sudarso, A. P., Maulana, S. R., & Yuangga, K. D. (2020). Memperkuat Motivasi Belajar dengan Penyusunan Rencana Karir SMK Sasmitajaya. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 86–89. https://doi.org/10.32672/btm.v2i2.2128

Mas, M., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (n.d.). Instagram Customer Behavior Pattern Connectivity Based on Customer Path 5A Advocacy in Purchasing Decision Making. 7820–7828.

Sudarso, A. P. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Yayasan Pendidikan Mulia Buana. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 1(1). https://doi.org/10.32493/jjsdm.v1i1.659

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik Yayasan Marvin. Inovasi, 5(1), 1. https://doi.org/10.32493/inovasi.v5i1.y2018.p1-18

Downloads

Published

2022-08-10