Pelatihan Manajemen Dan Komunikasi Pariwisata Di Desa Wisata Jawa Barat

Authors

  • Dyah Eko Setyowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23459

Keywords:

Pelatihan, Manajemen, Komunikasi, Pariwisata, UMKM, Desa Wisata

Abstract

Penelitian pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan manajemen dan komunikasi pariwisata bagi pelaku UMKM di sekitar desa wisata Jawa Barat. Pelatihan yang kami lakukan pada saat melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat UMKM Desa Wisata di Jawa Barat dilakukan kombinasi antara penyuluhan/ceramah, dengan penayangan vidio, diskusi dan tanya jawab dengan mengambil waktu yang tersedia mengenai pelatihan manajemen dan komunikasi pariwisata pelaku UMKM di desa wisata Jawa Barat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Wilayah Kecamatan Bandung Wetan Jl Batununggal nomor 3 Bandung Jawa Barat dengan acara tatap muka dan peyampaian malkalah tentang Manajemen dan komunikasi pariwisata desa wisata agar para pelakun UMKM di desa wisata dapat berkomunikasi dengan benar sehingga dapat menarik mitra bisnisnya. Setelah pemaparan makalah dilanjutkan dengan acara tanya jawab dan dsikusi. Kesimpulan dari pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik.

References

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty Menumbukan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding, 9(1).

Ilmi, N. A. N. (2021). Peran UMKM Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Masyarakat dan Strategi UMKM Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 96-107.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson.

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27-34.

Pratama, F. G., & Kurnia, G. (2019). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat (Studi Kasus: Desa Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 5(1), 1014-1028.

Rachmawati, F. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran terpadu produk usaha kecil dan menengah (UKM) pahlawan ekonomi surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Raharjo, T. W. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Jakad Media Publishing.

Tjiptono, F. (2017). Service, quality, dan satisfaction. Jakarta: Pelitabangsa.

Wardiningsih, R. (2022). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Pujut. YASIN, 2(3), 383-392.

Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 18(2), 32-45.

Downloads

Published

2022-08-10