Workshop Pelaksanaan Pembelajaran Online Bagi Guru Se-BKS (Badan Kerjasama Sekolah) Moyudan

Authors

  • Mukti Sintawati Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Lisa Retnasari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Asih Mardati Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Hanum Hanifa Sukma Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i1.23460

Keywords:

Google Classroom, Google Form, Pembelajaran Online

Abstract

Workshop pelaksanaan pembelajaran online ini dilatarbelakangi oleh diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di awal tahun 2021. Kebijakan tersebut berdampak pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang harus dilakukan secara online atau dalam jaringan. Namun, guru-guru sekolah dasar se-BKS (Badan Kerjasama Sekolah) Moyudan belum siap melaksanakan proses KBM dengan sistem full online karena pengetahuan yang masih kurang dalam menyelenggarakan KBM online. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran secara online. Sasaran kegiatan ini adalah guru sekolah dasar se-BKS Moyudan. Pelatihan yang diberikan berupa pelatihan memanfaatkan Google Form dan Google Classroom dalam pembelajaran online. Workshop dilaksanakan secara tatap muka dengan 2 kali pertemuan. Metode yang digunakan yaitu workshop dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini yaitu guru-guru se-BKS Moyudan yang mengikuti workshop mampu menyajikan soal dalam google form, membuat kelas virtual dalam google classroom dan melengkapinya dengan materi dalam bentuk file word, pdf, dan video.

References

Batubara, H.H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 8(1). 39-50.

Bender, W., & Waller, L. (2014). Google Apps. In Cool Tech Tools for Lower Tech Teachers: 20 Tactics for Every Classroom. https://doi.org/10.4135/9781483387840.n16

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Haryadi, R. N., Yusup, A. M., Utarinda, D., Mustika, I. A., Sandra, D., & Rokhmawati, D. U. (2022). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Website Di Masa Pandemi Covid-19. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(2), 110-115.

Kemendikbud. (2013).Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah. 4(1). 1-10.

Sabran & Sabara, E. (2018) Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia, 122-125.

Santoso, P.B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia, 287-292.

Downloads

Published

2022-08-10