Pelatihan Penulisan Buku Referensi bagi Guru Sekolah Dasar dan Menengah di Jawa Tengah

Authors

  • Novia Wardhani Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • At Sugeng Priyanto Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Hafiz Raffi Uddin Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Hanik Latifah Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.24014

Keywords:

Pelatihan, Buku Referensi,

Abstract

Menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam mengkomunikasikan pandangan dan ilmunya sebagai bahan ajar maupun sebagai bahan pengayaan. Namun banyak guru yang ternyata masih awam dengan penulisan baik artikel maupun buku. Dengan demikian diadakanlah penulisan buku referensi dimana mereka dapat bercerita mengenai pengalaman mereka menghadapi kurikulum merdeka. Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pelaksanaan pengabdian diawali dengan perencanaan dan persiapan seperti menetapkan sasaran, media pelatihan, waktu, narasumber, materi, dan mitra penerbit serta komunitas penunjang. Pelaksanaan dilakukan melalui daring dengan kuota 30 orang peserta yang dibagi ke dalam kegiatan sinkronus dan asinkronus selama satu bulan. Dengan adanya pelatihan ini banyak guru yang kemudian berminat untuk menulis dengan baik sehingga setelah pelatihan berakhir 2 buku keluar dengan judul Pengalaman Lapangan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Kebhinekatunggalikaan yang siap diterbitkan pad akhir Oktober 2022.

Downloads

Published

2023-01-20