Penyuluhan Pertanian pada Kelompok Tani Danau Subaghong di Desa Naga Beralih untuk Peningkatan Pengetahuan Tentang Padi Gogo

Authors

  • Ismandianto Ismandianto Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Salman Al Farizi Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Intan Sweni Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Nurul Aida Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Sri Ningsih Sitorus Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Naomy Ega Chatarine Hutasoit Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Agustina Nazara Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Miftahul Pajri Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Nadia Rahmah Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Nanda Ideebrilant Yaha Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Putri Silvi Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.24927

Keywords:

Covid-19, Kuliah Kerja Nyata, Padi Gogo, Pelatihan Pertanian, Potensi Desa

Abstract

Kuliah Kerja Nyata ini dilakukan di Desa Naga Beralih Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Berguna sebagai sarana mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dalam pengaplikasian ilmu yang diperoleh dari perkuliahan. Proses KUKERTA atau pengabdian masyarakat mengenai padi gogo bertujuan dalam mengembangkan potensi desa upaya pemberdayaan masyarakat. Desa Naga Beralih meliki daerah rawa dan lahan kering yang cukup luas yang sebagiannya digunakan sebagai lahan persawahan, karena itu banyak dari masyarakat Desa Naga Beralih berprofesi sebagai petani. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan dan praktek langsung kepada para petani Danau Subaghong untuk pengenalan lebih lanjut tentang padi gogo. Penyuluhan ini sebagai tahap awal dalam mengatasi ketidaktahuan masyarakat mengenai padi gogo. Kegiatan KUKERTA telah terlaksana dengan baik walaupun dilakukan dalam masa pandemi dengan jumlah peserta yang terbatas. Potensi daerah Desa Naga Beralih dalam pengembangan padi gogo untuk menunjang sumber ekonomi dan pangan sungguh menjanjikan. Pengembangan padi gogo dapat dilakukan dengan penggunaan tanah yang berkelanjutan, pengenalan cara penanaman dan hama, penggunaan varietas unggul dan upaya produksi air. Kesimpulan dari kegiatan yang sudah terlaksanakan yaitu bertambahnya pengetahuan tentang padi gogo sehingga masyakat Desa Naga Beralih bisa memaksimalkan lahan kering dan rawa untuk persawahan agar berdampak baik terhadap ekonomi dan sumber pangan masyarakat Desa Naga Beralih terutama kelompok tani Danau Subaghong.

References

Dwinita W Utami, I. R., Yuriyah, S., Ambarwati1, A., Hanarida, I., Suwarno, & Miftahudin, D. (2016). IDENTIFIKASI GEN / QTL (Quantitative Trait Loci) SIFAT TOLERAN CEKAMAN ALUMINIUM PADA GALUR-GALUR PADI GOGO. Berita Biologi.

Khudori. (2010). Kondisi Pertanian Pangan Indonesia. 19(3), 211–232.

Malik, A. (2017). Padi gogo. IAARD Press.

Mulyani, A., & Agus, F. (2017). KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN LAHAN CADANGAN UNTUK MEWUJUDKAN CITA-CITA INDONESIA SEBAGAI LUMBUNG PANGAN DUNIA TAHUN 2045 The Need and Availability of Reserved Arable Land Realize Indonesian as the World Food Supplier in 2045. 15(1), 1–17.

Pranoto, B. (12 C.E.). Lahan. 13, 37–46.

Silvira, Ir. H. Hasman Hasyim, M.Si, dan Ir. Lily Fauzia, M. S. (2013). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SAWAH. Padi.

Soetrisno, N. (2010). Struktur Unit Usaha Pertanian , Pendapatan Petani. 19(3), 197–210.

Suwarno. (2010). Meningkatkan Produksi Padi Menuju Ketahanan Pangan yang Lestari. 19(3), 233–243.

Toha, H.M., Setyono, A., Darajat, A.A. and Lesmana, O., 2005. Padi gogo dan pola pengembangannya. Balai Penelitian Tanaman Padi. (2013). Agricultural Sustainability: Progress and Prospects in Crop Research. In G. S. B. and N. K. Bhullar (Ed.), Agricultural Sustainability (Vol. 7). Elsevier Inc. https://doi.org/doi.org/10.1016/B978-0-12-404560-6.00008-3

Utama, M. Z. H. (2010). Penapisan Varietas Padi Gogo Toleran Cekaman Aluminium The. J. Agron. Indonesia, 38(3), 163–169.

Downloads

Published

2023-01-20