Workshop Pengenalan Robotika Level Paud dan Sekolah Dasar pada Bimbel AHE Cabang Sukamajubaru

Authors

  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • aryanti kristantini Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • B Harjo Baskoro Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Ghanistantiono Dwi Handrio Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Natalia Evianti Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.25237

Keywords:

Bimbel, Robotika, Teknologi, Pendidikan, Internet

Abstract

Variasi dalam aktivitas belajar dan mengajar adalah hal penting dalam suatu lembaga pendidikan. Variasi ini dapat berupa materi dan tekhnologi sebagai penambahan skill atau kemampuan dan knowledge atau pengetahuan siswa. Bimbingan Belajar Anak Hebat (AHE) Unit 6997 Cabang Sukamajubaru , Tapos Depok merupakan sebuah tempat belajar dalam bentuk bimbingan belajar (les). Permasalahan yang dihadapi oleh Bimbel AHE Cabang Sukamaju Baru ini yaitu kurangnya kreativitas para guru dalam mengaplikasikan sebuah model pengajaran untuk siswa  yaitu khususnya yaitu pada kegiatan ekstrakurikuler. Giat ekstrakurikuler adalah kegiatan belajar non kelas terpadu yang memakai tema variatif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang lintas bidang apapun secara umum. Guru membutuhkan kreativitas untuk mengajar dan membuat materi yang menarik dan menghadirkan minat para siswa, sehingga membutuhkan sebuah program belajar berupa workshop. Workshop atau bentuk pelatihan yang dilakukan diharapkan dapat secara aplikatif menumbuhkan minat belajar siswa dan mengembangkan potensi bakat siswa. Potensi bakat siswa ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan , kemampuan, keterampilan dan inovasi siswa. Sebagai workshop yang juga dibutuhkan diantaranya adalah ilmu yang berbasis tekhnologi terkini diantaranya adalah mengenai robotika. Untuk itu kami selaku tim Pengabdian Kepada Masyarakat tertarik untuk memberikan workhop kepada siswa dengan tema robotika

References

T. T. Saputro, “Mengenal NodeMCU: Pertemuan Pertama Seri Tutorial NodeMCU, Bagian Pertama,†2022. https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/ (accessed Feb. 01, 2022).

H. M. Jumasa and W. T. Saputro, “Prototipe Penyiram Tanaman Dan Pengukur Kelembaban Tanah Berbasis Arduino Uno,†J. INTEK, vol. 2, no. 2, pp. 47–54, 2019.

D. P. Sari, “Prototype Alat Monitoring Suhu, Kelembaban dan Kecepatan Angin Untuk Smart Farming Menggunakan Komunikasi LoRa dengan Daya Listrik Menggunakan Panel Surya,†Kilat, vol. 10, no. 2, pp. 370–380, 2021, doi: 10.33322/kilat.v10i2.1376.

A. Franz, E. Junirianto, and Suswanto, “Web Design and Application Programming Interface (API) Smart Farming Application,†JurnalTepian, vol. 2, no. 1, pp. 33–37, 2021, [Online]. Available: doi.org/10.51967/tepian.v2i1.267.

Asri, Y. N. (2018). Pembelajaran berbasis stem melalui pelatihan robotika. Jurnal

Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 74-78

Budiharto, W., (2006), Belajar Sendiri: Membuat Robot Cerdas. Jakarta: Elex

Media Komputindo.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo

Persada. Jakarta.

Kadir, A. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta

Downloads

Published

2023-01-26