Workshop Pengenalan Robotika Level Paud dan Sekolah Dasar pada Bimbel AHE Cabang Sukamajubaru
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.25237Keywords:
Bimbel, Robotika, Teknologi, Pendidikan, InternetAbstract
Variasi dalam aktivitas belajar dan mengajar adalah hal penting dalam suatu lembaga pendidikan. Variasi ini dapat berupa materi dan tekhnologi sebagai penambahan skill atau kemampuan dan knowledge atau pengetahuan siswa. Bimbingan Belajar Anak Hebat (AHE) Unit 6997 Cabang Sukamajubaru , Tapos Depok merupakan sebuah tempat belajar dalam bentuk bimbingan belajar (les). Permasalahan yang dihadapi oleh Bimbel AHE Cabang Sukamaju Baru ini yaitu kurangnya kreativitas para guru dalam mengaplikasikan sebuah model pengajaran untuk siswa yaitu khususnya yaitu pada kegiatan ekstrakurikuler. Giat ekstrakurikuler adalah kegiatan belajar non kelas terpadu yang memakai tema variatif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang lintas bidang apapun secara umum. Guru membutuhkan kreativitas untuk mengajar dan membuat materi yang menarik dan menghadirkan minat para siswa, sehingga membutuhkan sebuah program belajar berupa workshop. Workshop atau bentuk pelatihan yang dilakukan diharapkan dapat secara aplikatif menumbuhkan minat belajar siswa dan mengembangkan potensi bakat siswa. Potensi bakat siswa ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan , kemampuan, keterampilan dan inovasi siswa. Sebagai workshop yang juga dibutuhkan diantaranya adalah ilmu yang berbasis tekhnologi terkini diantaranya adalah mengenai robotika. Untuk itu kami selaku tim Pengabdian Kepada Masyarakat tertarik untuk memberikan workhop kepada siswa dengan tema robotika
References
T. T. Saputro, “Mengenal NodeMCU: Pertemuan Pertama Seri Tutorial NodeMCU, Bagian Pertama,†2022. https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/ (accessed Feb. 01, 2022).
H. M. Jumasa and W. T. Saputro, “Prototipe Penyiram Tanaman Dan Pengukur Kelembaban Tanah Berbasis Arduino Uno,†J. INTEK, vol. 2, no. 2, pp. 47–54, 2019.
D. P. Sari, “Prototype Alat Monitoring Suhu, Kelembaban dan Kecepatan Angin Untuk Smart Farming Menggunakan Komunikasi LoRa dengan Daya Listrik Menggunakan Panel Surya,†Kilat, vol. 10, no. 2, pp. 370–380, 2021, doi: 10.33322/kilat.v10i2.1376.
A. Franz, E. Junirianto, and Suswanto, “Web Design and Application Programming Interface (API) Smart Farming Application,†JurnalTepian, vol. 2, no. 1, pp. 33–37, 2021, [Online]. Available: doi.org/10.51967/tepian.v2i1.267.
Asri, Y. N. (2018). Pembelajaran berbasis stem melalui pelatihan robotika. Jurnal
Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 74-78
Budiharto, W., (2006), Belajar Sendiri: Membuat Robot Cerdas. Jakarta: Elex
Media Komputindo.
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo
Persada. Jakarta.
Kadir, A. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).