Pelatihan Perancangan Basis Data bagi Siswa-siswi SMK Kesuma Bangsa 2 Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.25248Keywords:
basis data, ERD, perancangan, RPLAbstract
SMK Kesuma Bangsa 2 yang terletak di Kecamatan Beji, Depok merupakan salah satu SMK yang memiliki jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang mempelajari dan mendalami semua teknik-teknik pengembangan perangkat lunak. Basis Data merupakan salah satu bagian yang penting dalam pengembangan sistem. Program ini bertujuan untuk memberikan pengenalan tentang konsep dasar Basis Data dan pelatihan perancangan Basis Data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD) terhadap siswa-siswi jurusan RPL, SMK Kesuma Bangsa 2. Metode pelaksanaan program ini meliputi survey dan wawancara, persiapan, pembahasan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi program. Program ini diikuti oleh sekitar 40 siswa kelas 11 dan 6 orang dosen pendamping yang memberikan pelatihan program Basis Data. Hasil program ini memberikan manfaat kepada sekolah, siswa maupun guru untuk meningkatkan pelayanan pendidikan serta pengajaran di SMK Kesuma Bangsa 2 dan para peserta mendapatkan pengetahuan tambahan tentang perancangan Basis Data.
References
Fathansyah. (2012). Basis data edisi revisi. Bandung: Informatika.
Kadir, A. (2008). Dasar perancangan dan implementasi database relasional. Yogyakarta: Andi Offset.
Kusumawati, A., Purwandari, N., & Lumba, E. (2021). Model Pembelajaran Mind Mapping Menggunakan Microsoft Visio 2007 bagi Guru-Guru SDIT Al-Kautsar Cikarang. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 2(1), 26–37.
Machdum, D. M., & Ardhianto, E. (2020). Analisis Belajar Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Jurusan Sistem Informasi Institut Bisnis Dan Informatika Kosgoro 1957. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 1(2), 96–103. https://doi.org/10.55122/junsibi.v1i2.177
Purwandari, N., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Technopreneur Dasar Bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar Tingkat Kecamatan Cikarang. 9(1).
Purwandari, N., & Jullend Gatc. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Di SDIT Al- Kautsar Cikarang Dengan Metode. Journal of Informatics and Advanced Computing, 1(1), 1–12.
Purwandari, N., & Kristantini, R. A. (2021). Online Web-Based Information System Penerimaan Peserta Didik Baru in Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Kautsar Cikarang. 6(2), 50–59.
Purwandari, N., Kristantini, R. A., Hernalia, H., & Djulfikri, M. (2020). Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Teknologi Internet. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 185–192.
Rusli, M., Sutopo, H., Gea, M. M., & Purwandar, N. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Pada Panti Asuhan Berbasis Multimedia. 6(1), 79–89.
Silvanie, A. (2020). … Bisnis Untuk Program Orang Tua Asuh Menggunakan Scrum, Bpmn Dan Complex Analysis: Studi Kasus Di Orangutan Foundation. JUNIF: Jurnal Nasional Informatika, 1(1), 1–12. http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junif/article/view/11%0Ahttps://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/junif/article/download/11/48
Ziveria, M., & Purwandari, N. (2020). Pengembangan Presentasi Interaktif dan Menarik Menggunakan Microsoft Power Point 2007 Bagi Guru SDIT Al-Kautsar. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56–64. https://doi.org/10.53008/abdimas.v1i2.83
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).