Pengembangan Ide Produk/Jasa Dalam Bisnis melalui Pemahaman Kebutuhan Konsumen Sasaran pada Warga Binaan BNN Jawa Barat

Authors

  • Irma Nilasari Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Ayuningtyas Yuli Hapsari Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Desy Oktaviani Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Rini Handayani Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Zulganef Zulganef Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia
  • Andhi Sukma Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.25363

Keywords:

Pelatihan online, BNN Jawa Barat, Universitas Widyatama

Abstract

Didorong oleh masalah kurang menariknya pelatihan yang pernah diikuti oleh para peserta maka BNN Jawa Barat bermitra dengan Universitas Widyatama menyelenggarakan pelatihan secara online yang dipersiapkan secara lebih seksama. Persiapan pelatihan secara online ini dilakukan dengan melalui pemilihan teknologi, desain konten, persiapan fasilitator, persiapan peserta, dan dukungan logistik. Artikel ini membahas secara rinci mengenai persiapan pelatihan dan kemudian proses evaluasi pelaksanaannya dengan menggunakan kuesioner secara elektronik. Diantara temuan yang didapat maka persiapan yang paling penting adalah dalam hal desain konten, pemilihan fasilitator, dan persiapan peserta Berdasarkan hal ini,  beberapa saran telah diajukan.

References

Febriyantoro, M. T. & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, Vol 1(2), 62-76.

Hakim, F. N., Suryani, dan Sitompul, N. (2019). Evaluasi Pelayanan Rehabiltasi Sosial bagi Korban Penyelahguna NAPZA di PRS Maunatul Mubarok. Media Informasi Penelitian Kesejahteraaan Sosial, Vol. 43 (1), hal. 79-88.

Hidayat, L. (2005). Sugesti Narkoba Berlangsung Seumur Hidup. Kedaulatan Rakyat, 14 Desember 2003, Yogyakarta.

Hugget, C. (2013). The Virtual Training Guidebook. How to Design, Deliver, and Implement Live Online Learning. ASTD Press: Alexandria, VA USA.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (E-Book). New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Lubis, S. N. (2012). Hubungan Faktor Internal dan Faktor Eksternal dengan Kekambuhan Kembali Pasien Penyalahguna Napza di Kabupaten Deli Serdang. Karya Tugas Akhir yang tidak diterbitkan, Universitas Sumatera Utara: Medan-Sumatera Utara.

Murni, R. (2019). Keberfungsian sosial korban penyalahgunaan napza pasca rehabilitasi sosial di Balai Rehabilitasi Sosial korban penyalahgunaan napza Galih Pakuan di Bogor. Sosio Konsepsia, Vol. 9 (01), hal. 17-35.

Noe, Raymond A., & Kodwani, Amitabh Deo. (2018). Employee training and development, 7e. McGraw-Hill Education.

Website SIRENA pada https://rehabilitasi.bnn.go.id/public/news/read/267.

Wulandari, C. M., Retnowati, D. A., Handojo, K. J., &Rosida, R. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyalahgunaan NAPZA pada Masyarakat di Kabupaten Jember. Jurnal Farmasi Komunitas. Vol. 2 (1), hal. 1-4.

Downloads

Published

2023-01-20