Pendampingan Peningkatan Literasi Teknologi bagi Pendidik di Wilayah Perbatasan
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.25772Keywords:
kompetensi guru, literasi teknologi, wilayah perbatasanAbstract
Penggunaan teknologi pada era saat ini tidak dapat dihindari, oleh karena itu guna meningkatkan SDM di bidang pendidikan dalam percepatan proses digitalisasi di wilayah perbatasan maka perlu dilakukan pelatihan. Kegiatan pelatihan harus disesuaikan dengan kebutuhan guru sehingga pelatihan yang dilakukan dapat memberikan dampak yang nyata dan terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kompetensi guru. Berdasarkan hasil diskusi bersama dengan guru dan kepala desa di wilayah Monterado didapati permasalahan bahwa perlunya pelatihan bagi guru dalam pemanfaatan teknologi dalam proses evaluasi pembelajaran. Salah satu cakupan dalam evaluasi pembelajaran adalah mengenai rekapitulasi nilai, pengarsipan nilai serta kalkulasi ketuntasan siswa, dan lain sebagainya. Mencermati kebutuhan yang ada pada mitra, maka program pengabdian pada masyarakat ini difokuskan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi secara khusus dalam proses evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tahap diskusi, tahap praktik dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi ditemukan bahwa terdapat peningkatan yang sig-nifikan terhadap kompetensi guru dan perangkat desa dalam pemanfaatan teknologi secara khusus dalam proses evaluasi pembelajaran.
References
Ahmad, F. (2017). Guru SD di Era Digital. Semarang: CV Pilar Nusantara.
Fauzi, Imron. (2018). Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Press.
Haryanto, U. F. (2020, 4 25). Menegosiasikan Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19. Tanjungpinang: kepridays.co.id. From https://kepridays.co.id/2020/04/25/menegosiasikan-pembelajaran-di-tengah-wabah-covid-19/
Joeliaty, J., Arrifin, S. D. S. D., Sarasi, V., & Firmansyah, Y. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Evaluasi Pelatihan UMKM Berbasis Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 1-8.
Ridha, M. (2018, 1 29). Menjadi Guru di Era Digital. Jakarta. From https://geotimes.co.id/opini/menjadi-guru-di-era-digital-2/
Sibuea, M. F., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Science and Sosial Research, 3(1), 73-77.
Sunanjar, F. (2016). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jakarta: Kompasiana. From https://www.kompasiana.com/mbie/58249571ee9273a5078b4568/pemanfaatan-tik-untuk-pembelajaran-sd
Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid – 19. Semarang: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1).
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, Anton Setia. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID – 19 : Review Implementasi,Tantangan dan Solusi Pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51 – 65.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).