Pendampingan Peningkatan Literasi Teknologi bagi Pendidik di Wilayah Perbatasan

Authors

  • Silvester Silvester Institut Shanti Bhuana, Kalimantan, Indonesia
  • Pebria Dheni Purnasari Institut Shanti Bhuana, Kalimantan, Indonesia
  • Margaretha Lidya Sumarni Institut Shanti Bhuana, Kalimantan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.25772

Keywords:

kompetensi guru, literasi teknologi, wilayah perbatasan

Abstract

Penggunaan teknologi pada era saat ini tidak dapat dihindari, oleh karena itu guna meningkatkan SDM di bidang pendidikan dalam percepatan proses digitalisasi di wilayah perbatasan maka perlu dilakukan pelatihan. Kegiatan pelatihan harus disesuaikan dengan kebutuhan guru sehingga pelatihan yang dilakukan dapat memberikan dampak yang nyata dan terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kompetensi guru. Berdasarkan hasil diskusi bersama dengan guru dan kepala desa di wilayah Monterado didapati permasalahan bahwa perlunya pelatihan bagi guru dalam pemanfaatan teknologi dalam proses evaluasi pembelajaran. Salah satu cakupan dalam evaluasi pembelajaran adalah mengenai rekapitulasi nilai, pengarsipan nilai serta kalkulasi ketuntasan siswa, dan lain sebagainya. Mencermati kebutuhan yang ada pada mitra, maka program pengabdian pada masyarakat ini difokuskan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi secara khusus dalam proses evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tahap diskusi, tahap praktik dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi ditemukan bahwa terdapat peningkatan yang sig-nifikan terhadap kompetensi guru dan perangkat desa dalam pemanfaatan teknologi secara khusus dalam proses evaluasi pembelajaran.

References

Ahmad, F. (2017). Guru SD di Era Digital. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Fauzi, Imron. (2018). Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Press.

Haryanto, U. F. (2020, 4 25). Menegosiasikan Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19. Tanjungpinang: kepridays.co.id. From https://kepridays.co.id/2020/04/25/menegosiasikan-pembelajaran-di-tengah-wabah-covid-19/

Joeliaty, J., Arrifin, S. D. S. D., Sarasi, V., & Firmansyah, Y. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Evaluasi Pelatihan UMKM Berbasis Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 1-8.

Ridha, M. (2018, 1 29). Menjadi Guru di Era Digital. Jakarta. From https://geotimes.co.id/opini/menjadi-guru-di-era-digital-2/

Sibuea, M. F., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Science and Sosial Research, 3(1), 73-77.

Sunanjar, F. (2016). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jakarta: Kompasiana. From https://www.kompasiana.com/mbie/58249571ee9273a5078b4568/pemanfaatan-tik-untuk-pembelajaran-sd

Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid – 19. Semarang: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1).

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, Anton Setia. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID – 19 : Review Implementasi,Tantangan dan Solusi Pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51 – 65.

Downloads

Published

2023-07-12