Pemanfaatan Digital Marketing dan Peningkatan Motivasi Jiwa Pengusaha dalam Mengembangkan Desa Wisata di Desa Karangsari Garut

Authors

  • Ali Agus STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
  • Muratin Muratin STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
  • Rini Ardista STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
  • Aditya Putra Kusuma STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
  • Apri Parantoro STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
  • Daulat Freddy STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
  • Suratman Hadi Priyatno STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.26330

Keywords:

Media Sosial, Marketting, Desa Wisata

Abstract

Indonesia menargetkan pendapatan dari sector pariwisata meningkat hingga 1,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp24 miliar di 2023 mendatang. Begitu juga kontribusi Product Domestic Bruto (PDB) pariwisata ditarget meningkat sebesar 4,3 persen.  Pariwisata juga tumbuh secara spektakuler menjadi sektor andalan dalam pendapatan ekonomi masyarakat.  Desa Karangsari Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut yang memiliki tempat wisata pantai yang menarik,bersih, elok, tentram, aman dan humanis. Kita dapat melihat sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari .  Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun non local sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan . Namun sangat disayangkan objek wisata tersebut belum optimal. Jumlah wistawan yang datang masih sangat terbatas.  Hal tersebut disebabkan kurangnya informasi dan promosi tentang Desa Wisata tersebut.  Salah satu promosi yang dapat diandalakn sekarang ini adalah media social yang ada di internet.  Promosi tersebut akan  memberikan peluang yang besar untuk dapat mempromosikan dan menginformasikan adanya desa wisata pantai.  Melalui media maya atau digital media internet maka wisata pantai tersebut di kenal di seluruh dunia, dengan demikian maka meskipun letak pantainya berada di pedesaan yang cukup terpencil, Desa Karangsari,  tetap banyak diketahui dan diminati oleh orang banyak.  Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman tentang digital marketing dalam mempromosikan wisata pantai laut selatan yang berada di desa Karangsari Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut.

Author Biography

Ali Agus, STIE Tribuana, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia

ENGLISH

References

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi,†Jurnal Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, Aug. 2019

B. I. Tjayadhi, “Potensi Dan Strategi Pengembangan Desa Sumbersalak Sebagai Desa Wisata,†MEDIAKOM, vol. 4, no. 1, pp. 70–91, Sep. 2020

R. Retnowati, E. N. Wahyudi, S. N. Anwar, and H. Listiyono, “Optimalisasi Media Sosial Facebook Untuk Mendukung Perluasan Jaringan Pemasaran Bagi Kelompok Wanita Kreatif (Kwk) Seroja,â€KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 4, no. 1, p. 1, Jan. 2021

W. Widayati and F. Augustinah, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang,†DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 4, no. 2,pp. 1–20, Oct. 2019

H. Setyowardhani, H. Susanti, and Riyanto, “Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang,†Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, Jul. 2019

Peraturan Daerah Provinsi Jawa barat Nomor 15 Tahun 2015 tentang Rencana Induk

Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Jawa Barat Tahun 2015-2025

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Yoeti, O. 2008. Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Impelementasi. Kompas, Jakarta.

Downloads

Published

2023-07-12