Motivasi dan Legalitas Penunjang Berwirausaha
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.27440Keywords:
Motivation, Product Innovation and LegalityAbstract
Dalam pembangunan perekonomian UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang selalu digambarkan sebagai sektor yang memiliki peranan penting. Hal ini dikarenakan sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern. UKM juga memiliki peran yang strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, oleh karena itu, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam perindustrian hasil-hasil pembangunan, tujuan pengabdian ini adalah memberilan pengetahuan dan akses informasi pelaku usaha terhadap bantuan yang telah disediakan oleh pemerintah tentang legalitas usaha atau IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) yang digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan tunai maupun non-tunai dari pemerintah. Edukasi yang diberikan yaitu dengan melakukan pendampingan pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil). Mitra dalam pengabdian kali ini adalah UMKM InaPie dimana UMKM ini sdh mengurus perijinan dan legalitas produknya, metode pengabdian ini menggunakan daring (online) dalam pelatihannya. Hasil dari pelatihan pengabdian tersebut adalah memberikan motivasi agar para UMKM selalu berinovasi dalam produknya dan memberikan wawasan tentang pentingnya legalitas suatu produk
References
Ariani, A., & Utomo, M. N. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017
Matilda, R., Siregar, H. S., & Naim, M. (2021). Modal Sosial Sebagai Kekuatan Lembaga Dalam Meningkatkan Kerjasama Berwirausaha. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Agung Tirtayasa, 6(1), 40–49.
Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Jurnal Agora, 1 (1)(1), 337–347.
Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 645–650. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727
Setiawan, I. R. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 1(1), 23–35. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/301
Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. In Uki (Ed.), Penerbit K-Media (2020th ed.). Yogyakarta: K-Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).