Motivasi dan Legalitas Penunjang Berwirausaha

Authors

  • Yesa Cahayaning Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia
  • Suhermin Suhermin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia
  • Budiyanto Budiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia
  • Anang Subardjo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.27440

Keywords:

Motivation, Product Innovation and Legality

Abstract

Dalam pembangunan perekonomian UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang selalu digambarkan sebagai sektor yang memiliki peranan penting. Hal ini dikarenakan sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern. UKM juga memiliki peran yang strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, oleh karena itu, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam perindustrian hasil-hasil pembangunan, tujuan pengabdian ini adalah memberilan pengetahuan dan akses informasi pelaku usaha terhadap bantuan yang telah disediakan oleh pemerintah tentang legalitas usaha atau IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) yang digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan tunai maupun non-tunai dari pemerintah. Edukasi yang diberikan yaitu dengan melakukan pendampingan pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil). Mitra dalam pengabdian kali ini adalah UMKM InaPie dimana UMKM ini sdh mengurus perijinan dan legalitas produknya, metode pengabdian ini menggunakan daring (online) dalam pelatihannya. Hasil dari pelatihan pengabdian tersebut adalah memberikan motivasi agar para UMKM selalu berinovasi dalam produknya dan memberikan wawasan tentang pentingnya legalitas suatu produk

References

Ariani, A., & Utomo, M. N. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017

Matilda, R., Siregar, H. S., & Naim, M. (2021). Modal Sosial Sebagai Kekuatan Lembaga Dalam Meningkatkan Kerjasama Berwirausaha. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Agung Tirtayasa, 6(1), 40–49.

Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Jurnal Agora, 1 (1)(1), 337–347.

Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti Di Pabian Sumenep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 645–650. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727

Setiawan, I. R. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 1(1), 23–35. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/301

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. In Uki (Ed.), Penerbit K-Media (2020th ed.). Yogyakarta: K-Media.

Downloads

Published

2023-07-12