Pemberdayaan Mayarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing dalam Pengembangan UMKM di Desa Jatisura, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.27758Keywords:
Covid 19, UMKM, Digital Marketing, FGDAbstract
Dalam rangka membangkitkan potensi UMKM di Indonesia dan di daerah desa pada khususnya di Desa jatisura, Cikedung Indramayu pasca pandemi COVID-19 Peranan Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jakarta ingin mendampingi dengan berbagai pelayanan pelayanan yang bisa menumbuhkan semangat kembali untuk berwirausaha, yaitu pemberian pelatihan Digital Marketing agar dapat bisa bersaing dalam dunia usaha. Tim pengabdian masyarakat bisa membantu para pelaku usaha UMKM dapat meningkatkan taraf hidupnya. Target yang ingin tim pengabdian masyarakat capai adalah para pelaku usaha dapat memperluas jaringan pejualannya melalui digital marketing. Metode pelaksanaan, populasi adalah UMKM yang aktif dalam usahanya di desa Jatisura, sedangkan sampel yaitu UMKM Binaan yang aktif di kegiatan usahanya empat peserta pelaku usaha. Dalam pengabdian ini menggunakan metode pelaksaksanaan FGD, wawancara, pelatihan, Hasil pelatihan Digital Marketing untuk para pelaku usaha Desa Jatisura, Cikedung, Indramayu mengalami peningkatan kemampuan mengaplikasikan ilmunya dalam Pemasaran usahanya.
References
Ahmed, Z., Rizwan, M., Ahmad, M., & Haq, M. (2014). Effect of brand trust and customer satisfaction on brand loyalty in Bahawalpur. Journal of Sociological Research, 5(1), 306–326. https://doi.org/10.5296/jsr.v5i1.6568
Damian Ryan. (2014). understanding digital marketing. In Marketing strategies for engaging the digital generation (Thirt, pp. 1–17). Kogan Page. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Merisavo, M. (2006). Helsinki school of economics working papers w-400. In Helsinki School of Economics.
Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Application Based Digital Marketing As a Strategy To Improve Customer Satisfaction Core. Cakrawala, 10(2), 107–122.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).