Pemberdayaan Mayarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing dalam Pengembangan UMKM di Desa Jatisura, Jawa Barat

Authors

  • Widayani Wahyuningtyas Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Chahya Kharin Herbawani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Sintha Fransiske Simanungkalit Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Kharisma Wiati Gusti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.27758

Keywords:

Covid 19, UMKM, Digital Marketing, FGD

Abstract

Dalam rangka membangkitkan potensi UMKM di Indonesia dan di daerah desa pada khususnya di Desa jatisura, Cikedung Indramayu pasca pandemi COVID-19 Peranan Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jakarta ingin mendampingi dengan berbagai pelayanan pelayanan yang bisa menumbuhkan semangat kembali untuk berwirausaha, yaitu pemberian pelatihan Digital Marketing agar dapat bisa bersaing dalam dunia usaha. Tim pengabdian masyarakat bisa membantu para pelaku usaha UMKM dapat meningkatkan taraf hidupnya. Target yang ingin tim pengabdian masyarakat capai adalah para pelaku usaha dapat memperluas jaringan pejualannya melalui digital marketing. Metode pelaksanaan, populasi adalah UMKM yang aktif dalam usahanya di desa Jatisura, sedangkan sampel yaitu UMKM Binaan yang aktif di kegiatan usahanya empat peserta pelaku usaha. Dalam pengabdian ini menggunakan metode pelaksaksanaan FGD, wawancara, pelatihan, Hasil pelatihan Digital Marketing untuk para pelaku usaha Desa Jatisura, Cikedung, Indramayu mengalami peningkatan kemampuan mengaplikasikan ilmunya dalam Pemasaran usahanya.

Author Biographies

Widayani Wahyuningtyas, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

Gizi Fikes UPN Veeran Jakarta

Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

Gizi Fikes UPN Veteran Jakarta

Sintha Fransiske Simanungkalit, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

Gizi Fikes UPN Veteran Jakarta

References

Ahmed, Z., Rizwan, M., Ahmad, M., & Haq, M. (2014). Effect of brand trust and customer satisfaction on brand loyalty in Bahawalpur. Journal of Sociological Research, 5(1), 306–326. https://doi.org/10.5296/jsr.v5i1.6568

Damian Ryan. (2014). understanding digital marketing. In Marketing strategies for engaging the digital generation (Thirt, pp. 1–17). Kogan Page. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.

Merisavo, M. (2006). Helsinki school of economics working papers w-400. In Helsinki School of Economics.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Application Based Digital Marketing As a Strategy To Improve Customer Satisfaction Core. Cakrawala, 10(2), 107–122.

Downloads

Published

2023-01-20