Penerapan Latihaan Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Meningkatkan SDM pada UKM Masa Pademi Covid -19 Melalui Market Place Digitalisasi Desa Sukarame Kec.Carita Pandeglang Propinsi Banten

Authors

  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Hamsinah Hamsinah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28089

Keywords:

Penerapan Kearifan lokal, SDM, Market place, Digital Marketing

Abstract

Sosialisasi dan pelatihan media sosial dilaksanakan. Tahapan pertama: dari kegiatan pengabdian masyarakat meliputi persiapan materi pelatihan, persiapan tempat pelatihan, persiapan sarana dan prasarana. Tahapan kedua: adalah tahap pelaksanaan, dimulai dengan mengidentifikasi tingkat pengetahuan dan media sosial dengan cara melakukan FGD dan tanyajawab antara trainer (pelatih) dengan peserta. Tahapan ketiga: Pembekalan  pemasaran dengan menggunakan media sosial dan dilanjutkan pelatihan dengan materi Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi Online. Tahap keempat: evaluasi yaitu menilai kemampuan peserta pelatihan dalam menggunakan media social sebagai sarana pemasaran produknya dan pendampingan. Hasil dari PKM belum ada aturan-aturan dalam pengelolaan kawasan yang pasti. Lemahnya pengawasan dari stakeholder yang terlibat, kondisi ini terlihat dari pembangunan penginapan dan hotel. Pelatihan penerapan media, Market place dapat meningkatan pendapatan masyarakat pesisir di Desa Wisata Sukarame, Propinsi Banten. Penerapan promosi melalui media  dapat meningkatan pendapatan masyarakat pesisir di Desa Wisata Sukarame, Propinsi Banten. Pratik menggunakan media-media sosial lainnya (instagram, twitter, fanpage Facebook) mitra memahami peran, fungsi, tujuan media promosi online (Website/IT), mampu mengaplikasikan mengaktifkan sebuah website, seperti: hosting, menentukan isi, membuat design atau isi Web, strategi memiliki follower sebanyak-banyak melalui instagram, twitter, fanpage facebook; dan lain-lain Desa Wisata Sukarame, Propinsi Banten.

References

Affandi, A., Sarwani, A. S., Erlangga, H., Siagian, A. O., Purwanto, A., Effendy, A. A., & Juhaeri, G. (2020). Optimization of MSMEs empowerment in facing competition in the global market during the COVID-19 pandemic time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Aditiya, Y., Rahayu, S., & Rumangkit, S. (2021). Pelatihan Starup Digital dan Digital Marketing bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 97-103.

F Hasim, D., Kusumo, N., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Pada S Plus Indonesia. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Kotler. P., & Amstrong. G. (2016), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler. P., & Keller. K. L. (2016), Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: Erlangga.

Nalini, S.N.L. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi& Ekonomi Syariah. 4(1).

Nuraeni, N., & Sugiyanto, S. (2021). Feasibility Study Dengan Pendekatan Balance Score Card Untuk Meningkatkan Jumlah Pasien Persalinan Di Rs X Tangerang Selatan. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Nadi, L., & Wenten, I. K. (2020). Studi Kelayakan Bisnis.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis. 9(2).

PemasaranSebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. ABDI LAKSANA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Romadhina, A. P. (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Dan Makro.

Salimun, S., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Sari, L. E., Prayoga, Y., & Sugiyanto, S. (2021). Profit Growth Influenced By Book Tax Difference And Dividend Policy. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Sanjaya, G. N., Moriska, H., Rahayu, S., & Sugiyanto, S. (2021). Determinants of Financial Distress, and Managerial Ownership of Audit Delay Implications on Audit Opinion (IDX Mining Company Empirical Study 2016-2020). HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani. & Darmadi, (2020). Penerapan Strategi

Sugiyanto,. (2020) Manajemen Pemasaran Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853

Sugiyanto, Luh Nadi, and I. Ketut Wanten. "Studi Kelayakan Bisnis Penerbit Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten 2020." Cetak Perdana (2020).

Sugiyanto, S., Kartolo, R., Haryanto, T., Ridwan, M., & Yusuf, M. (2021, January). PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF IMPLIKASINYA PADA UMKM DUSUN CIBODAS DESA BANJARSARI KECAMATAN BOYONGBONG KABUPATEN GARUT JAWA BARAT. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1255-1264).

Taufik, A., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Loan To Deposit Ratio Terhadap Return On Asset Pada PT Bank Danamon, Tbk Periode 2010-2020. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(1), 81-86.

Sugiyanto, S., Febrianti, F. D., Maddinsyah, A., Sarwani, S., & Pranoto, P. (2021). The Influence Of Intellectual Capital, Conservatism, Earning Management, To Future Stock Return And Its Implications On Stock Return (Case Study Of Mining Companies In Indonesia Listed On Indonesia Stock Exchange For The Period Of 2013-2018).

Syafrizal, S., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Capital Intensity, Intensitas Persediaan, dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan Pertambangan Terdaftar Idx 2017-2021). SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 829-842.

Waluyojati, P., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Pendapatan Ojek Online. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2).

Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169-175.

Downloads

Published

2023-01-20