Pelatihan Dasar Pembuatan Digital Content pada Komunitas Remaja Nur Al Latif Cileungsi Bogor

Authors

  • Destiana Kumala STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Eliza Eliza Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Ali Mutaufiq STIE Bisnis Internasional Indonesia, Bekasi, Indonesia
  • Ana Wijandari STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Iyan Nurhasni Ahya Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28093

Keywords:

Digital Content, Pelatihan, Content Creator

Abstract

Perkembangan Teknologi saat ini sangatlah pesat, salah satu yang digandrungi anak muda/remaja pada saat ini adalah media social. Banyak yang tidak menyadari Ketika kita update di platform media social yang kita miliki, sebenarnya kita sedang menciptakan sebuah digital content. jika kita dapat memanfaatkan dengan kegiatan ini dengan totalitas, maka para remaja akan memproduksi konten yang kreatif, inovatif sekaligus dapat membangun networking yang lebih professional. Ada dua yang mendasar dalam mewujudkan hal diatas pada komunitas remaja daerah cileungsi yaitu , wawasan mereka tentang digital content, dan keterbatasan pengetahuan mengenai hardware dan software terkait digital content. Hal tersebut dapat di selesaikan dengan memberikan materi serta penjelasan yang mendalam tentang digital content, disertai dengan praktik dan diskusi. Serta melakukan pembinaan lanjutan sebagai aimplementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

References

Aditiya, Y., Rahayu, S., & Rumangkit, S. (2021). Pelatihan Starup Digital dan Digital Marketing bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 97-103.

Bernadus, Thomas Jan. (2016). Content Creator†Apa Sih Itu?. Diakses dari: http://tommy.my.id/2016/08/31/content-creator-apa-sih-itu/

Budi Permana, Arif. (2019). Cepat Mahir menjadi Youtuber & Content Creator. Yogyakarta:Andi.

Firdiansyah,A. (2021). Ingin jadi content creator?, We Are, diakses dari https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-creator/#.YGUjZlUzbIU

Hadinata, R (2015). Analisis metode Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di CV X. AGORA. 3(2). 475-478.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning dalam Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi (hal. 2). Bandung: Refika Aditama

M. Defriani, (2021). Pelatihan daring cara edit video mudah dan menarik untuk memaksimalkan pembelajaran siswa tingkat pre-school. 2(2). 159-163.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Wiley, David. 2000. Learning Object Design and Sequencing Theory. Dissertation. USA: Brigham Young University. digitalcontentindonesia.wordpress.com/2017/02/18/apa-itu-digital-content/

Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 31-36.

Downloads

Published

2023-01-20