Manajemen Tata Kelola Keuangan dan Manajemen Resiko pada Mitra Peternakan Ayam Broiler UD. Turiolo di Desa Bontosunggu, Kec. Bajeng Kab. Gowa

Authors

  • Muh Nur Abdi Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Chairul Ikhsan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhaimin Muhaimin Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Aulia Aulia Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nasrun Nasrun Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Amran Amran Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nasrullah Nasrullah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • A. Mappatompo Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Syamsuddin Syamsuddin Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28099

Keywords:

Manajemen tatakelola, Pemberdayaan, Manajemen Resiko Lingkungan

Abstract

Pemberdayaan ini dilakukan sebagai program kegiatan pengabdian masyarakat oleh Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar pada mitra peternakan ayam broiler UD Turiolo di Desa Bontosunggu, Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang sering terjadi khususnya dalam mengantisipasi maupun meminimalisir dampak resiko dari aktivitas usaha yang dilakukan oleh UD Turiolo kedepannya sehingga dapat memaksimalkan keuntungan dan meningkatkan proses produksi secara lebih maju dan profesional. Pemberdayaan ini dilakukan melalui pelatihan dengan memaparkan materi terkait dampak suatu resiko usaha peternakan ayam sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya penerapan manajemen resiko terhadap suatu bisnis yang dibangun guna mengetahui, menganalisis serta mengendalikan resiko dalam setiap aktivitas usaha dengan tujuan untuk memperoleh efektivitas dan efisiensi yang lebih tinggi. Penelitian dilakukan pada usaha peternakan UD Turiolo di Desa Bontosunggu.  Data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  data primer  dan  sekunder.  Data  primer diperoleh  melalui  observasi  dan wawancara  dengan  pemilik  peternakan,  kepala  kandang,  anak  kandang (Mitra),  dan field controller yang bergerak menjalankan usaha inti.  Data  primer  tersebut  berupa  keadaan  umum  lokasi penelitian  dan  manajemen  risiko  yang  diterapkan  usaha  peternakan  UD Turiolo di Desa Bontosunggu.  Data sekunder  diperoleh  melalui  studi  literatur  dari  instansiya ng  terkait   dengan penelitian. Data sekunder tersebut diantaranya berupa data harga input dan output, laporan biaya, penerimaan, dan pendapatan perusahaan. Data yang telah diperoleh akan   dianalisis   dengan   menggunakan   analisis   risiko   dan   analisis   deskriptif. Analisis  risiko  digunakan  untuk  menganalisis  tingkat  risiko  yang  dihadapi  usaha peternakan UD Turiolo di Desa Bontosunggu. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis manajemen risiko yang diterapkan oleh usaha peternakan UD Turiolo di Desa Bontosunggu

References

Arifin, S., & Tarigan, E. S. B. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan di Kelurahan Cibubur Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 22-30.

Maulana, Yusuf., Yusuf Mauludin, dan Erwin Gunadhi. 2014. Analisis Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging (Broiler) dengan Pola Kemitraan. Jurnal Kalibrasi. Vol.12, No.12.

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.

Sutrisno, S., Abidin, A. Z., Winata, H., Harjianto, P., & Sunarsi, D. (2020). Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Sederhana Siswa SMA 6 Tangerang Selatan. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 67-71..

Suroso. 2017. Analisis Manajemen Risiko pada Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barat. Jurnal Bina Akuntansi, Juli 2017, Vol.4 No.2 Hal 44- 81.

Utarindasari, D., Purnama, A., & Prihatini, A. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Gandoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 44-52.

Downloads

Published

2023-01-20