Strategi Bisnis Frozen Food dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga pada Mitra Usaha Peternakan di Desa Bontosunggu Kec. Bajeng Kab. Gowa

Authors

  • Nurinaya Nurinaya Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Syarthini Indrayani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Sri Andayaningsih Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Asdi Asdi Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nurlina Nurlina Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Ahmad Ahmad Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • A. Risfan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Hartati Hartati Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28101

Abstract

Bisnis frozen saat ini enjadi bisnis yang diminati dan digemari, terlebih lagi menjadi salah satu solutif yang praktis bagi ibu-ibu yang notabene sebagai wanita karir (bekerja diluar rumah). Frozen food menjadi salah satu sebagai inovasi dalam bisnis khususnya bagi ibuibu trumah tangga yang tergabung dalam mitra peternakan yang ada di desa Bontosunggu Kab. Gowa. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan tujuan sebagai upaya dan solusi untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam mitra peternakan yang hanya mengadanlakan penghasilan dari hasil kerjasama dengan mitra lainnya dalam hal budidaya peternakan ayam boiler. Kegiatan PKM ini khususnya yang berkaitan dengan inovasi bisnis Frozen food di analisis dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treath). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan wawancara, mengumpulkan informasi terkini, mengidentifikasi masalah sosial khususnya terkait pendapatan ibu-ibu yang tergabung dalam mitra usaha peternakan di desa Bontosunggu. Penentuan strategi yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan tiga tahap analisis formulasi strategi yang akhirnya menghasilkan alternatif strategi prioritas. Hasil setelah melakukan PKM ini memperoleh bahwa strategi bisnis frozen food dianggap menjadi peluang bisnis yang sifatnya dan inovasi bisnis dengan olahan produk dari ayam boiler menjadi frozen food (Ayam frozen, nuget ayam, dan kerupuk ayam food. Strategi ini dapat meningkatkan keunggulan bersaing dengan Frozen food lainnya terlebih lagi dengan konsisi bisnis  yang tidak menentu seperti saat ini.

References

Floresti, DA.,Arifin & Rosiana. 2021. PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PENINGKATAN USAHA BISNIS RUMAHAN FROZEN FOOD DAPUR KAFIA DI DESA BOBOTSARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGG. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers â€Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan XI†12-14 Oktober 2

Maulana, Yusuf., Yusuf Mauludin, dan Erwin Gunadhi. 2014. Analisis Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging (Broiler) dengan Pola Kemitraan. Jurnal Kalibrasi. Vol.12, No.12.

Harmony, 2021. 10 0 Strategi Pemasaran Bisnis Frozen food Yang Mudah Dilakukan.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Downloads

Published

2023-01-20