Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Pemasaran dan Keuangan Untuk Mendukung Kemandirian Ekonomi Santriwati Pondok Pesantren Nurus Sunah

Authors

  • Edy Susilo Universitas Semarang, Kota Semarang, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Semarang, Kota Semarang, Indonesia
  • Diah B Setiati Universitas Semarang, Kota Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28106

Keywords:

Keuangan, Laba-rugi, Santriwati, Pemasaran, Online

Abstract

Pondok Pesantren Nurus Sunah yang  terletak di Jalan Bulusan Utara Raya No. 12 Semarang memiliki motto "Cerdas, Mandiri, dan Berkarakter" telah menyusun program- programnya  sesuai  harapan  dan tujuan yang ingin dicapai.  Dengan  "Cerdas"  lulusan  PPNS bertujuan agar memiliki  kompetensi  untuk dapat melanjutkan  pendidikan  yang lebih tinggi. Dengan "Mandiri" mereka memiliki life skill agar dapat memiliki usaha dan kemandirian dalam hidupnya, dan dengan "Berkarakter" memiliki prilaku dan sikap jujur, ulet, bertanggungjawab, berintegritas, disiplin, berkebangsaan, dan sebagainya. Santriwati di Pondok pesantren sudah dibekali life skill untuk mandiri dengan kemampuan berwirausaha. Selama ini mereka tidak dibekali untuk mengatur manajemen keuangan dan memasarkan barang. Tujuan dari Pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberi pelatihan dan pendampingan mengelola keuangan dan memasarkan barang dengan metode yang dilakukan adalah pelatihan langsung dan tutorial di lapangan. Hasil dari kegiatan ini adalah kemampuan memasarkan barang dengan lebih baik diantaranya melalui brosur, media online, dan Kartu nama. Para santriwati juga sudah bisa menyusun laporan keuangan sederhana seperti pembuatan buku kas, buku hutang / piutang dan laporan laba rugi serta buku – buku yang lain sesuai dengan usaha yang dilakukan.

References

Harahap, Sofyan Syafri. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers

Helmalia & Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam). 3(2), 237-246

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia

Kurniawati, Emaya., Widowati, Sri Yuni., & Santoso. Aprih. (2021). Pemasaran Online Media Penunjang Perkembangan Ukm Berbasis Pelatihan. Buletin Abdi Masyarakat. 1 (2). 11-15,

Mulyawan, Setia, (2015). Manajemen Keuangan, Cetakan kesatu. Bandung: Pustaka Setia

Muniroh, H. & Istanti, SLW. (2020). Pendampingan Usaha Kelompok Tani Ternak Sapi “Subur†Desa Meteseh Kecamatan Kaliori. Buletin Abdi Masyarakat (BAM), 01 (01) : 8-16.

Purwanti, E. (2018). Analisis pengetahuan laporan keuangan pada umkm industri konveksi di Salatiga. Among Makarti, 10 (2). 34-42

Samboro, J., Helmy, A., Zubaidi, Widodo, T.W., Rulirianto. (2019). Bimbingan Dan Pelatihan Tentang Pentingnya Kualitas Pelayanan Dan Toko Online Bagi Pengembangan Usaha Garmen “AMAR†Di Malang. J-ABDIMAS. 6(1), 33-38

Santoso, Aprih., Widowati, Sri Yuni., Saefudin & Chamami, M.R. (2021). Non-Formal Education for MSMEs based on Business Financial Management Counseling DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama dan Pemberdayaan. 21 (2). 209 -220

Santoso, Aprih., Widowati, Sri Yuni. & Saifudin. (2021). Peningkatan Ketrampilan Menyusun Laporan Keuangan Sederhana Melalui Pelatihan Berkelanjutan. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (2). 70 - 76

Santoso, Aprih., Widowati, Sri Yuni., & Saifudin. (2022). Literasi Pemahaman Pengelolaan Keuangan Keluarga Pada Kelompok Wanita Tani Ceria Desa Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE.). 2 (2). 01-12

Situmeang, Rosinta Romauli. (2018). Dampak Bisnis Online Dan Lapangan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kota Medan). Ajie - Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship. 3(3), 319-335.

Downloads

Published

2023-01-20