Penyuluhan Pendidikan Keluarga di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28112Keywords:
Pendidikan Keluarga, Era DigitalAbstract
Kegiatan program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada orang tua peserta didik di SD Negeri 15 di Desa Tampe, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang tua peserta didik mengenai esensi dari pendidikan keluarga di era digital saat ini. Kegiatan ini dilakukan dengan bentuk penyuluhan dengan metode ceramah bervariasi, tanya jawab dan sharing. Berdasarkan analisis yang dilakukan secara tematik pada setiap notulensi di lapangan dan evaluasi secara lisan menjelaskan bahwa orang tua peserta didik mengalami kesulitan dalam menerapkan pendidikan di dalam keluarga yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman mendidik anak yang bertumbuh dan berkembang di era digital saat ini, kurangnya waktu bersama anak-anak dikarenakan mayoritas pekerjaan orang tua adalah petani yang setiap hari berladang. Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini, orang tua semakin memiliki kesadaran pentingnya penerapan pendidikan keluarga, memiliki pemahaman esensi dan praktik dalam pengawasan, pengarahan dan pembimbingan orang tua dalam pendidikan keluarga di era digital, sehingga adanya keselarasan tujuan pendidikan di sekolah dan keluarga dalam membentuk peserta didik yang berkarakter, berpengetahuan dan berketerampilan.
References
Amin, Alfauzan. (2017). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolahdan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. Jurnal AT-TA’LIM
Lumbantobing, W. L. and Pebria D. P. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Selama Pandemi Di Wilayah Perbatasan. Jurnal Sebatik, 25(2), pp. 555-561. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1653
Pasuhuk, N. D. (2018). Pendidikan Keluarga Yang Efektif. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 2(1), 70-81.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2003/uu20-2003.pdf diakses pada tanggal 30 Oktober 2022.
Wahyudi, Tian. (2019). Paradigma Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal RI’AYAH. Vol. 4 No. 01 Januari 2019.
Wuryani, W. (2021). Pendidikan keluarga dalam penguatan literasi dasar pada anak. Jurnal Semantik, 10(1), 101-110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).