Pelatihan Kewirausahaan bagi Anggota Koperasi Konsumen Wanita Mandiri Zayda, Jl Nangka Raya No 18 Sukamaju Baru Tapos Depok

Authors

  • Sugeng Haryono Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
  • Sigit Indra Prianto Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
  • Kiki Ismanti Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28119

Keywords:

Kewirausahaan, Semangat Berwirausaha, Motivasi Wirausaha

Abstract

Kegiatan ini diikuti oleh pengurus dan anggota koperasi Konsumen Wanita Mandiri Zayda kota Depok, dengan harapan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarkat ini nantinya akan memberikan wawasan dan ilmu baru sehingga dapat diaplikasikan dan di terapkan dalam dunia wirausaha. Para peserta hadir penuh dan aktif dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh pengusul PKM. Adapun hasil yang diharapkan dalam pelatihan kewirausahaan  dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah: (1)Memberikan motivasi dan semangat berwirausaha kepada peserta pelatihan. (2) Memberikan konsep dan dasar ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kewirausahaan. (3)Menumbuh kembangkan kreatifitas dan inovasi yang dimiliki oleh peserta pelatihan. (4) Meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri. (5) Performa tim yang meningkat. (6) Eksplorasi Usaha (7)Perencanaan Keuangan yang Efektif dan Efisien (8) Membentuk Tim yang Kompak.

References

Hirawan, Z., & Nugroho, H. (2018). Strategi Pengembangan UMKM di Kabupaten Subang. Jurnal Administrasi Publik, 9(1).

Hamali A Y, (2017). Pemahaman Startegi Bisnis dan Kewirausahaan, Cet ke 1, Jakarta :Kencana.

Joesyiana, K., Prihastuti, A. H., Wahyuni, S., & Adriyani, A. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Desa Dalam Pemanfaatan Limbah Kulit Nenas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(2), 114-123.

Rusdiana,(2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik, Cet 1 Bandung : Pustakka Setia.

Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).

Yuyun & Kartib Bayu,(2010) Kewirausahaan : Pendekatan Karakteristik Wirausahaan Sukes.Jakarta :Kencana.

Downloads

Published

2023-01-20