Pemanfaatan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28126Keywords:
UMKM, Kewirausahaan, Digital MarketingAbstract
Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberi jasa pelatihan jasa pelatihan bagi pengguna media sosial terutama para pelaku UMKM di Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa di dalam mengembangkan usaha bisnisnya sehingga sangat penting mendapatkan bekal pengetahuan dan pengalaman yang dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana penunjang kegiatan bisnis. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini yaitu metode ceramah dengan teknik persentasi materi, demontrasi dan tanya jawab. Oleh sebab itu pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, diperoleh wawasan bahwa sesungguhnya para pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan digital marketing dan memanfaatkan media sosial secara optimal, namun mereka menghadapi beberapa kendala. Kendala yang dihadapi contohnya adalah kurangnya pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, kurangnya pengetahuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi serta cara-cara penggunaan dan pemanfaatan media sosial yang baik, tidak sabar ingin segera mendapat hasil, serta kurangnya pemahaman untuk menciptakan “postingan†yang menarik.
References
Anoraga, P., & J, S. (2005). Pengantar Bisnis Modern, Kajian Dasar Manajemen Perusahaan. Pustaka Jaya.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Sheperd, D. A. (2008). Kewirausahaan. McGrawHill, Penerbit Salemba Empat.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing.
Kingsnorth, S. (2016). Digital Marketing Strategy (Koran Page).
Kusuma, I. L., Fitria, T. N., & Dewi, M. W. (2021). Pelatihan kewirausahaan sebagai peluang bisnis untuk generasi milenial di Soloraya selama masa pandemi Covid-19. Jurnal BUDIMAS, 3(2).
Miarso, Y. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana Media Group.
Stelzner, M. (2012). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business.
Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). In Alfabeta.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Jurnal Eknomi Bisnis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).