Sosialisasi dan Pemasangan Banner Larangan Buang Sampah untuk Meningkatkan Kebersihan di Desa Pitra Tabanan

Authors

  • I Wayan Ari Indra Kusuma Universitas Pendidikan Nasional, Jakarta, Indonesia
  • Nyoman Sri Manik Parasari Universitas Pendidikan Nasional, Jakarta, Indonesia
  • A.A Istri Agung Maheswari Universitas Pendidikan Nasional, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.28806

Keywords:

sampah, informasi, kebersihan

Abstract

Sampah merupakan suatu hal yang banyak menimbulkan dampak negatif. Semua yang beraktivitas pasti akan menghasilkan sampah dan begitu juga yang terjadi di Desa Pitra Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. Metode yang digunakan dalam kegiatan program kerja pengabdian kepada masyarakat ini adalah analisis situasi bagaimana cara pengendalian sampah di masyarakat, lokasi pelaksanaan program kerja pengabdian kepada masyarakat ada sebanyak empat titik yang tersebar di desa Pitra yaitu, Jembatan Br Asah, Jembatan Br. Pohgending, Br Serason, dan perbatasan Desa Pitra dengan Desa Jegu. Tujuan dari kegiatan program kerja pengabdian kepada masyarakat yaitu: Masyarakat  di Desa Pitra  mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya, Masyarakat dapat lebih memiliki  pengetahuan tentang sampah yang dipilah sesuai dengan jenisnya, Masyarakat di Desa Pitra dapat mengembangkan atau mengolah sebagai produk agar memiliki nilai jual.

References

Kementrian Lingkungan Hidup. 2012. Profil Bank Sampah. Malang: Rapat Kerja Nasional Bank Sampah.

Mastuti, A. (2017). PROBLEMATIKA SAMPAH DAN UPAYA DAI UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DESA WAY HUWI KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nurliah, N., Elika, S., & Sagena, U. W. (2022). Sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Organik Rumah Tangga Dalam Memproduksi Ekoenzim. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 33-39.

Sanda, Y., & Pawarangan, I. (2018). KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP SAMPAH DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN. Prosiding Semkaristek, 1(1).

Yuniarto, B. (2013). Membangun kesadaran warga negara dalam pelestarian lingkungan. Deepublish.

Downloads

Published

2023-07-12