Pembuatan Power Point Interaktif Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Negeri 18 Pontianak Utara

Authors

  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Prodi. Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Tanjungpura
  • Kiki Prio Utomo Fakultas Teknik, Universitas, Tanjungpura, Pontianak
  • Yuliati Indrayani Fakutas Kehutanan, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Ayong Hiendro Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • M. Irfani Hendri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura, Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.29749

Keywords:

interaktif, media pembelajaran, power point, workshop

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia, kualitas atau mutu pendidikan juga harus terus ditingkatkan. Sebagai pendidik, guru harus mampu meningkatkan perhatian dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Selain itu guru juga harus mampu menggunakan berbagai sumber serta media pembelajaran. Guru perlu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu pembelajaran salah satunya dengan membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis information communication technology. Namun terdapat masalah yang biasa terjadi berupa cara penyampaian guru dan kekreatifan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Guru menyampaikan materi dengan metode ceramah, tanya jawab kemudian penugasan, maka siswa merasa cepat bosan. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat menjadi alternatif adalah power point interaktif. Namun, masih terdapat permasalahan yang dialami oleh guru-guru dimana mereka masih kurang dalam memanfaatkan program Microsoft Power Point sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga workshop pembuatan power point interaktif sebagai media pembelajaran ini bertujuan memberikan edukasi kepada para guru mengenai pentingnya pembuatan media pembelajaran interakif sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. metode yang digunakan adalah sosialisasi, penyampaian materi, dan praktik pembuatan power point interaktif. Peserta workshop adalah para guru SD Negeri 18 Pontianak Utara. Hasil dari kegiatan workshop ini adalah para guru sebagai telah memahami langkah-langkah pembuatan power point interaktif hingga mampu menghasilkan power point interaktif yang sesuai.

References

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 265.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus Di TK Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173.

Sya’ada, M. W., & Turistiani, T. D. (2021). Penggunaan Media Power Point Interaktif pada Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas di Kelas VII-D SMP Negeri 1 Temayang. Bapala, 8(4), 17–30.

Wahyuni, R., Febriandari, E. I., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Information and Communication Technologies pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(20), 75–82.

Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Keraton Yogyakarta. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1).

Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif sebagai Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32.

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles