Pelatihan Tiktok Bermuatan Materi Undak-Usuk Bahasa Sunda

Authors

  • Dwi Alia Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Pidi Mohamad Setiadi Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Resa Respati Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Seni Apriliya Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia
  • Thiani Nurussaadah Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.31747

Keywords:

Workshop, Tiktok, Undak-Usuk Basa Sunda

Abstract

Upaya penanaman nilai karakter terhadap anak-anak ini penting sebagai pegangan, pedoman serta acuan anak dalam bertindak, bertutur dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dan norma budaya bangsa Indonesia. Bahasa merupakan salah satu unsur dari ketujuh unsur kebudayaan. Seluruh etnis, suku, dan daerah di dunia tentunya memiliki bahasanya masing-masing. Begitupun dengan suku Sunda yang berada di Provinsi Jawa Barat, memiliki bahasa tersendiri yaitu Bahasa Sunda. Dalam gramatikal Bahasa Sunda dikenal dengan adanya undak-usuk basa. Undak-usuk basa bertujuan untuk saling menghormati dan menghargai di antara sesama anggota masyarakat. Seiring perkembangan zaman yang telah memasuki era industri 4.0, pengenalan atau pembelajaran hendaknya diintegrasikan dengan kecanggihan teknologi digital. Saat ini media sosial telah mendarah daging, apalagi pada anak-anak usia sekolah. Salah satu media sosial yang sedang viral dan digandrungi adalah aplikasi tiktok. Pengabdian ini memiliki tujuan mengarahkan penggunaan aplikasi tiktok untuk konten pendidikan yang lebih bermanfaat, terutama bermuatan undak-usuk basa Sunda. Dari pelatihan yang diberikan didapatkan hasil yakni peningkatan kesenangan dan juga kemampuan anak dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Sunda yang disertai dengan undak-usuk bahasa.

References

Basrowi, (2005). Pengantar Sosiologi. Bogor: Galia Indonesia.

Danadibrata. (2006). Kamus Bahasa Sunda. Jakarta: Kiblat Buku Utama.

Kartini, A. (2013). Sikap Bahasa dan Kemampuan Berbahasa Masyarakat Dwibahasawan serta Model Pembinaannya. [Online]. Tersedia: http://www.google.co.id/url?q=http://repository.upi.edu/2009/1/t_bind/1104040_title.pdf&sa=u&ei=zv63u7_pjyxroasgnokyca&ved=0ca0qfjaa&usg=afqjcnfss73na03nyp1ruwive0tkbuknvg. [5 Juli 2014].

Mutaufiq, A., Hadiana, C. D., Mustofa, M. A., & Sabaruddin, R. (2023). Pemasaran Digital pada Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Een Craft di Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 54-59.

Respati, R. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Solfeggio untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tesis pada SPs UPI. Tidak diterbitkan.

Sisi Rosida. 2021. Pelatihan Keterampilan Public Speaking dalam Konten Edukatif melalui Aplikasi Tiktok pada Remaja FAM (Forum Anak Medan). Medan. BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima Vol. 3, No. 2, 2021, September 2021, PP.

Wisnu Nugroho Aji. 2020. Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. METAFORA (ISSN: 2407-2400) Volume VI No 2 April 2020. jurnal metafora 2020-with-cover-page-v2.pdf (d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net).

AANBJ Dewanta. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 2, Oktober 2020.

Downloads

Published

2023-07-12