Pelatihan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Guru SMK Bina Mandiri Mulimedia
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.31857Keywords:
Pelatihan, Bahasa Inggris, BerbicaraAbstract
Pelatihan bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada guru SMK menjadi penting mengingat tantangan globalisasi yang semakin meningkat. Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan bahasa Inggris dengan metode role-play dan simulasi serta penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada guru SMK. Pengabdian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan dengan metode role-play dan simulasi serta penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada guru SMK. Para guru dapat berlatih berbicara dalam situasi yang realistis dan meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. Penggunaan media pembelajaran yang tepat juga dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mendengarkan para guru. Pelatihan bahasa Inggris dan penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris para guru SMK, sehingga mereka dapat memberikan pengajaran yang lebih efektif dan efisien kepada siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia kerja yang semakin global.
References
Agistiawati, E., & Asbari, M. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Belajar dan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Balaraja. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 513–523.
Ginting, H., & Simanjuntak, W. P. (2021). PELATIHAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DALAM PROGRAM DARE TO SPEAK ENGLISH DI LKP PISTAR. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(2), 291–297.
Haryadi, R. N., & Sunarsi, D. (2022). English for Beginner (M. Dewi (ed.); 1st ed.). Cipta Media Nusantara.
Puspitaloka, N. (2020). Pelatihan Basic English for Computing untuk Siswa SMK Teksas Purwakarta. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Shafira, A., & Santoso, D. A. A. (2021). Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui guided conversation. JEdu: Journal of English Education, 1(1), 1–13.
Wahyuningsih, S. (2021). Pengembangan media providter untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik SMK kelas XI Peternakan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(2), 224–235.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).