Pelatihan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Guru SMK Bina Mandiri Mulimedia

Authors

  • Rofiq Noorman Haryadi STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Rizky Sandi STEBIS Bina Mandiri, Cileungsi, Bogor, Indonesia
  • Herniyani Herniyani STEBIS Bina Mandiri, Cileungsi, Bogor, Indonesia
  • Arif Mulani STEBIS Bina Mandiri, Cileungsi, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.31857

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Inggris, Berbicara

Abstract

Pelatihan bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada guru SMK menjadi penting mengingat tantangan globalisasi yang semakin meningkat. Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan bahasa Inggris dengan metode role-play dan simulasi serta penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada guru SMK. Pengabdian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan dengan metode role-play dan simulasi serta penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada guru SMK. Para guru dapat berlatih berbicara dalam situasi yang realistis dan meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. Penggunaan media pembelajaran yang tepat juga dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mendengarkan para guru. Pelatihan bahasa Inggris dan penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris para guru SMK, sehingga mereka dapat memberikan pengajaran yang lebih efektif dan efisien kepada siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia kerja yang semakin global.

References

Agistiawati, E., & Asbari, M. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Belajar dan Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Balaraja. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 513–523.

Ginting, H., & Simanjuntak, W. P. (2021). PELATIHAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DALAM PROGRAM DARE TO SPEAK ENGLISH DI LKP PISTAR. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(2), 291–297.

Haryadi, R. N., & Sunarsi, D. (2022). English for Beginner (M. Dewi (ed.); 1st ed.). Cipta Media Nusantara.

Puspitaloka, N. (2020). Pelatihan Basic English for Computing untuk Siswa SMK Teksas Purwakarta. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Shafira, A., & Santoso, D. A. A. (2021). Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui guided conversation. JEdu: Journal of English Education, 1(1), 1–13.

Wahyuningsih, S. (2021). Pengembangan media providter untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik SMK kelas XI Peternakan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(2), 224–235.

Downloads

Published

2023-07-12