Edukasi Penatalaksanaan Hipertensi

Authors

  • Nila Rostarina Program Studi Keperawatan, Selokah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika, Jakarta, Indonesia
  • Rian Agus Setiawan Program Studi Keperawatan, Selokah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika, Jakarta, Indonesia
  • Gaung Eka Ramadhan Program Studi Keperawatan, Selokah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.31879

Keywords:

Google, Formulir, Internet, Gmail, Teknologi Informasi

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi yang sangat mendapat perhatian di masyarakat bahkan bisa menimbulkan angka kesakitan dan kematian yang tinggi. Dampak dari edukasi penatalaksanaan hipertensi agar masyarakat mampu memahami bagaimana memberikan penatalaksanaan hipertensi. Manfaat untuk masyarakat meningkatkan pengetahuan tentang penatalaksanaan hipertensi sehingga dapat mengontrol hipertensinya dan mengurangi angka kejadian komplikasi hipertensi.  Metode dengan memberikan penyuluhan dan memberikan contoh obat tradisional dalam penatalaksaan hipertensi yaitu dalam pembuatan rebusan daun salam.. Hasil yang diperoleh adalah kegiatan penyuluhan berjalan dengan baik dan peserta aktif mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan sampai selesai. Penyuluhan dilakukan dengan interaktif antara narasumber dengan peserta. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat di RT 07/013 Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Peserta antusias dan dapat bekerjasama dengan baik.

References

Alfi, W. N., & Yuliwar, R. (2018). Hubungan Kualitas Tidur dengan Tekanan Darah Pasien Hipertensi di Puskesmas Mojolangu Kota Malang. Jurnal Berkala Epidemiologi, 6(1), 25–36.

Annisa Fatikha, R. (2022). Peran Apoteker dalam Pelayanan Kefarmasian di Rumah (Home Pharmacy Care) pada Kelompok Pasien Lanjut Usia di Kelurahan Sidanegara. Universitas Al-Irsyad Cilacap.

Haridison, A. (2013). Modal Sosial dalam Pembangunan. JISPAR: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 4, 31–40.

Laka, O. K., Widodo, D., & Rahayu, W. (2018). Hubungan Hipertensi dengan Tingkat Kecemasan pada Lansia di Posyandu Lansia Desa Banjarejo Kecamatan Ngantang Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1), 22–32.

Marmoah, S. (2016). Administrasi dan Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek. Deepublish.

Putri, D. A. (2019). Status Psikososial Lansia di Pstw Abiyoso Pakem Sleman Yogyakarta Tahun 2019. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Rangkuti, W. F. S., Rahayu, H., & Hutapea, B. (2021). Dukungan Sosial Keluarga Berhubungan dengan Kepatuhan Diet Pasien Hipertensi. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(1), 171–178.

Sevrita, I. E. (2019). Gambaran Faktor Penyebab Risiko Jatuh pada Lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Yogyakarta Unit Budi Luhur Kasongan Bantul. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Downloads

Published

2023-07-12