Branding sebagai Diplomasi Kekhasan Daerah pada Produk Sepatu Kelurahan Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.31962Keywords:
Branding, Strategi, Diplomasi, Kekhasan DaerahAbstract
Centra Cibaduyut tak terlepas dari Kawasan yang menghasilkan sepatu. Sepatu Cibaduyut merupakan sepatu yang diproduksi di kelurahan Cibaduyut, Kota Bandung, Jawa Barat. Daerah ini dikenal sebagai pusat industri sepatu di Indonesia. Sepatu Cibaduyut terkenal dengan keunikan dan kualitasnya yang tinggi serta harga yang terjangkau. Kekhasan daerah Cibayutut yang dikenal sebagai suatu daerah dengan fokus industri sepatu, yang menjadi branding dalam mencapai tujuan tersebut. Dalam konteks kekhasan daerah, diplomasi dapat diartikan sebagai upaya untuk mempromosikan kekhasan dan identitas daerah dengan cara yang positif dan produktif. Diplomasi dapat membantu mengembangkan hubungan yang baik antara daerah dan pihak luar, termasuk wisatawan, pelaku bisnis, atau pemerintah lainnya, untuk mempromosikan kekhasan dan memperkuat ekonomi daerah. Dengan mengoptimalkan kegiatan branding dalam diplomasi kekhasan daerah Cibaduyut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap produk-produk sepatu dan tas Cibaduyut, membantu memperkuat citra daerah yang unik dan khas, serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.
References
Berridge, G. R. 2010. Diplomacy Theory And Practice: Fourth Edition . New York : Palgrave Macmillan.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Hanindharputri, Made Arini, I Komang Angga Maha Putra. 2019. Peran Influencer Dalam Strategi Meningkatkan Promosi Dari Suatu Brand. IKAM Putra Sandyakala: Bali
Iwan Carialy Irawan. 2019. Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sentra Industri Sepatu Cibaduyut Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 5 No. 2. 2019. LPPM Politeknik LP3I Bandung. Jawa Barat.
Kavaratzis, Mihalis. 2008. From City Marketing To City Branding: Towards A Theoretica; Framework For Developing City Brands. Place Branding, Vol. 1, No 1
Kotler, Philip. Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta.
Munny Cahya Lestari. 2016. Strategi Penguatan Citra Cibaduyut Sebagai Kawasan Wisata Kerajinan Sepatu Di Kota Bandung. Vol 13 No. 2 2016. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure
Nicholson, Harold. 1942. Diplomacy.London : Oxford University Press.
Panikkar. K.M. 1956. The Principles And Practice Of Diplomacy. Bombay: Asia Publishing House.
Rampersad, Hubert K. 2008, Sukses Membangun Authentic Personal Branding, Edisi Indonesia, PPM, Jakarta
Rainisto, Moilanen, Teemu,. 2009. How To Brand Nations, Cities And Destinations, A Planning Book For Place Branding. USA: Palgrave Maemillan.
Rosilawati, Y. 2008. Employee Branding Sebagai Strategi Komunikasi Organisasi Untuk Mengkomunikasikan Citra Merek (Brand-Image). Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3).
Roy, S.L. 1991. Diplomasi. Jakarta. Rajawali Pers
Sir Ernest Satow, 1957, Guide To Diplomatic Practice (4th Ed.).
Satrio, Muhammad Arief. 2021. “Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika Melalui Kerangka Branding Wonderful Indonesiaâ€. Journal Indonesian Perspective Vol. 6 No.1, Hal. 77
Schenk. 2007. Branding For Dummies. Canada: Wiley Publishing Inc
Schultz. Barnes 2017. Strategic Brand Communication Compaign, Chicago: NTC Business Books
Simanjuntak, T. R. 2020. Upaya Diplomasi Publik Korea Selatan Dalam Mempromosikan Budaya Dan Pariwisata Di Indonesia Melalui Program “Teko Nang Jawaâ€. Cakrawala, 8(2), 145-162.
Swasty, Wirania. 2016. Branding : Memahami Dan Merancang Strategi Merek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sawitri, Sicillia. (2015). Implementasi Strategi Branding Usaha Batik Dan Pengembangan Terhadap Perilaku Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Pada UMKM Batik Pekalongan Jawa Tengah. TEKNOBUGA, 19-40
Wheeler, A. 2012. Designing Brand Identity Fourth Edition: An Essential Guide For The Whole Branding Team. Canada: John Wiley & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey.
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).