Pengembangan Sistem Manajemen Pendidikan Terintegrasi Standard Internasional pada SMA/SMK/SLB Pada Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.31964Keywords:
Manajemen Pendidikan, Sistem OrganisasiAbstract
Sistem pendidikan nasional adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara. Gambaran mutu pendidikan saat ini perlu dipertahankan dan dikembangkan dengan melakukan pengintegrasian Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Kegiatan ini dievaluasi melalui kuesioner untuk melakukan pemetaan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan yang sedang berjalan. Proses dalam organisasi pendidikan saat ini dapat dideskripsikan dengan nilai rata-rata 137,25. Tahapan penerapan dalam organisasi pendidikan saat ini dapat dideskripsikan dengan nilai rata-rata 81.8. Metode evaluasi dalam organisasi pendidikan saat ini dapat dideskripsikan dengan nilai rata-rata 45,9.
References
Asy'ari, H., Munawwaroh, Z., & Azmi, U. (2021). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTS Pembangunan UIN Jakarta. Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 5(2), 143-162.
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah Sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).
Iso “https://iso.orgâ€
Neraca pendidikan daerah “https://npd.kemdikbud.go.id/"
Pedoman Akreditasi BAN-SM. Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah dari http://bansm.or.id. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun (2021) Tentang Standar Nasional Pendidikan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).